--> Skip to main content

10 Nama - Nama Iblis dalam Islam dan Tugasnya





Allah SWT menciptakan dunia beserta isinya tidak lain adalah untuk menyembah-Nya. Termasuk menciptakan manusia, malaikat, nabi dan rasul, jin, serta iblis. Jika membicarakan mengenai iblis, mereka adalah salah satu makhluk ciptaan Allah yang tidak mau menyembah-Nya. Awalnya, iblis atau setan juga menghuni surga sama seperti makluk Allah lainnya. 

Namun mereka merasa sombong dan tidak mau bersujud pada Nabi Adam AS. Semenjak itulah iblis diusir dari surga dan dilempar ke dunia. Di dunia, mereka memiliki tugas untuk menggoda dan menyesatkan manusia hingga akhir hayat. Tugas dari masing-masing iblis pun berbeda dalam menjauhkan manusia dari Jalan Allah SWT.

Beberapa Nama Iblis dan Tugasnya untuk Menyesatkan Manusia

1. Lakhus
Nama iblis dalam Islam dan tugasnya yang pertama adalah Lakhus. Tugas dari iblis ini adalah untuk mengajak manusia berbuat syirik, agar menyembah selain kepada Allah SWT.

2.  Miswat
Tugas Miswat adalah menggoda manusia untuk berbuat maksiat dan mengajak manusia agar menyukainya. Selain membuat lengah, Miswat juga bertugas membawa gosip liar agar menyebar.

3. Khannas
Iblis ini bertugas menggoda manusia agar merasa was-was akan adanya Allah sebagai Tuhan alam semesta. 

4.Zaktabur/Zalanbur/Zaknabur
Zaktabur mengemban tugas menggoda manusia dengan jalan memunculkan adanya rasa takabbur yang dimiliki manusia.

5. Haffaf
Nama iblis dalam Islam dan tugasnya yang kelima adalah Haffaf. Tugas dari Haffaf adalah untuk mengajak manusia melakukan maksiat, minum khamar, foya-foya, dll.

6. Wasnan
Wasnan memiliki tugas untuk membuat manusia mengantuk saat sedang melakukan ibadah maupun kebaikan.

7. Walhan
Iblis ini bertugas untuk mengganggu manusia yang sedang mandi, berwudlu, bersuci, dan kegiatan bersuci lain.

8. Sauth
Iblis Sauth bertugas dibidang pemberitaan palsu atau menyebarkan berita dusta. Berita yang disampaikan cenderung negatif dan banyak kebohongan.

9. Dasim
Perbuatan iblis Dasim bisa menyebabkan terjadinya kehancuran dan keretakan dalam rumah tangga. Karena tugasnya adalah untuk mengganggu keharmonisan pasangan suami istri.

10. Zalitun
Yang terakhir ada iblis Zalitun, dengan tugasnya membuat manusia menjadi boros dan suka belanja.

Demikianlah tadi 10 nama iblis dalam Islam dan tugasnya agar manusia jauh dari jalan Tuhan. Selain nama-nama iblis di atas, masih ada banyak iblis lain yang juga bertugas menyesatkan manusia di dunia. Iblis ini pun jumlahnya akan selalu bertambah setiap harinya, dengan jumlah anak yang mereka inginkan.

Support by:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar