--> Skip to main content

4 Arti Sirine Ambulance




Ada empat jenis suara sirine ambulans yaitu:
1. Hi-Lo 
2. Horn 
3. Wail, dan 
4. Yelp. 
Empat  jenis sirine ini punya tujuan yang berbeda sesuai keperluan dan tidak bisa digunakan secara sembarang. Perbedaan bunyi sirene pada ambulans akan memberikan warning dengan tingkat keadaan darurat tertentu sehingga mendapat perhatian khusus saat berada di jalan.


Sirene Ambulans Menurut Peraturan yang Berlaku

Di Indonesia tak ada peraturan khusus mengenai bunyi sirine ambulans ini. Bunyi mobil sirine ambulans tidak terlalu dipermasalahkan akan memakai bunyi jenis apa. Karena yang diatur dalam perundang-undangan adalah warna rotatornya bukan bunyi sirinenya. Ini diatur dalam UU pasal 287 ayat 4, di mana dalam hal ini jika melanggar tentu akan di beri sanksi pidana atau denda.


Kondisi Kinerja Ambulans di Mata Masyarakat

Seperti mitos mobil ambulans yang beredar di masyarakat, perhatian masyarakat tidak menyoroti pada bunyi sirine maupun lampu rotatornya, masyarakat kita cenderung lebih menyukai hal-hal berbau mistis yang acapkali melekat pada mobil ambulans, terutama ambulans pengantar jenazah. Di jalan, dalam kemacetan luar biasa di ibukota, meskipun sudah menyalakan sirine dan lampu rotator dengan benar, terkadang mobil ambulans yang sedang membawa pasien atau jenazah, kurang dapat perhatian dari para pengguna jalan. Ini menyebabkan terciptanya sebuah komunitas motor pengawal ambulans.


Spontanitas yang Terjadi di Lapangan

Tak hanya Komunitas motor para pengguna jalan lainnya seperti pengendara motor biasa juga sering ditemukan secara spontanitas mengawal kelancaran perjalanan mobil ambulans. Hal ini biasanya terjadi apabila terdapat kondisi pasien darurat maka mereka akan terjun langsung untuk mengawal ambulans yang mengangkutnya. Namun demikian, keberadaan komunitas ini masih menjadi pro-kontra di masyarakat. Suka atau tidak suka nyatanya bantuan yang mereka berikan patut diacungi jempol.
Banyak hal yang patut kita ketahui tentang fakta mobil ambulans ini, daripada hanya menyoroti tentang mitos mobil ambulans pengantar jenazah yang konon katanya berbau mistis, ada banyak hal lain yang harus kita ketahui terkait mobil ambulans ini. Melakukan hal positif seperti motor pengawal mobil ambulans di atas pun sah-sah saja. Mengawal pasien darurat agar jalannya lancar hingga tiba di rumah sakit. Ini salah satu contoh hal positif yang bisa kita lakukan untuk membantu sesama.


Artikel ini didukung oleh: 

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar