Skip to main content

Mitos Tali Pocong Belum Dilepas Menyebabkan Gentayangan? Ini Penjelasannya!





Kita semua pasti sudah tahu bahwa setiap makhluk yang bernyawa pastinya akan mati, begitu pula manusia. Setiap manusia memiliki jatah atau masa hidup yang berbeda antara satu sama lain. 

Nah, jenazah yang sudah meninggal nantinya akan dihidupkan kembali di alam barzah atau alam kubur. Untuk itulah mengapa manusia yang meninggal dalam keadaan Islam perlu dimakamkan secara tepat menurut syariat Islam. 
Salah satu syariat tersebut adalah membungkus jenazah yang akan dimakamkan menggunakan kain putih bersih. Selain itu, syariat Islam juga menjelaskan agar tali jenazah atau tali pocong dilepas saat dikebumikan. Bagi umat islam tentu cara pemakaman ini merupakan hal yang wajar. Namun sayangnya, di masyarakat justru berkembang mitos terkait tali pocong yang belum dilepas. Berikut ini mitos tali pocong yang mungkin belum pernah Anda dengar sebelumnya.


Mitos Tali Pocong dan Arwah Gentayangan

Melepas tali pocong menjadi syariat yang perlu dilakukan dalam prosesi pengurusan jenazah. Jika tidak dilakukan, mungkin saja prosesi tersebut dianggap kurang lengkap. Namun kabarnya, beberapa orang di masyarakat justru meyakini pelepasan tali pocong tersebut dikarenakan alasan-alasan tertentu. Salah satunya adalah mitos tali pocong belum dilepas bisa menyebabkan arwah jenazah yang dikubur bergentayangan. 

Awal mula kemunculan mitos ini adalah semenjak adanya sinetron di salah satu stasiun televisi. Dalam film itu dijelaskan ada 2 orang yang saat meninggal tali pocongnya lupa dilepas. Kemudian warga mulai terganggu dengan adanya pocong yang meneror warga. Mitosnya, pocong tersebut bergentayangan untuk meminta sesuatu supaya arwahnya menjadi tenang. 

Mitos tali pocong belum dilepas ini sebenarnya tidak memiliki hukum dasar dan malah bertentangan dengan syariat. Karena di Islam sendiri sudah dijelaskan bahwa orang yang sudah meninggal tidak akan bangun lagi. Maka dari itu, sebaiknya jangan langsung percaya dengan mitos-mitos yang beredar di masyarakat. Terlebih jika belum terbukti kebenarannya.

Oleh karena itu, perbanyaklah pengetahuan Anda supaya tidak mudah termakan mitos palsu. Terlebih jika mitos tersebut merugikan orang lain. Seperti halnya adanya mitos tali pocong belum dilepas ini, justru akan membuat keluarga jenazah menjadi sedih bukan? Apalagi isu tersebut dilakukan pada orang yang sudah meninggal dan tenang di alam kubur.


Artikel ini dipersembahkan oleh: www.socialwork.pitt.edu



Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar