--> Skip to main content

Mitos Tali Pocong yang Beredar di Masyarakat



Jika membicarakan mengenai pocong, tentu anda yang mendengarnya akan merasa merinding dan bulu kuduk berdiri. Bagaimana tidak, di masyarakat pocong sangat identik dengan hantu yang begitu menyeramkan. Terlebih lagi jika mengingat tampilannya yang dibungkus dan cara pocong dalam melompat. Siapapun yang melihatnya pasti akan lari terbirit-birit dan merasa ketakutan.
Meski kenyataannya umat Islam disemayamkan dalam wujud seperti itu, namun jika melihatnya hidup tentu akan berbeda yang dirasakan. Nah, di masyarakat sendiri banyak cerita yang beredar seputar mitos tali pocong belum dilepas. Walau tidak masuk akal dan belum terbukti kebenarannya, namun banyak orang yang masih mempercayainya. 

Mitos Tali Pocong yang Ada di Masyarakat

1. Arwah Gentayangan
Mitos yang pertama adalah terkait mitos tali pocong yang belum dilepas bisa menyebabkan arwah menjadi gentayangan. Mitos ini bermula dari sebuah sinetron yang menceritakan tali pocong belum dilepas. Hingga akhirnya, hantu tersebut tetap gentayangan hingga 40 hari demi meminta bantuan melepaskan tali pocongnya.
Anggapan ini diperkuat oleh orang-orang yang mempercayainya, serta pendapat dari masyarakat. Misalnya saja tali pocong yang tidak dilepas akan membuat arwah juga tidak bisa lepas dari jasadnya. ItulahItulah alasan mengapa mitos pocong ini bergentayangan selama 40 hari.

2. Tubuh Kebal Senjata Tajam
Tanah Jawa memang begitu lekat dengan hal-hal berbau mistis, salah satunya yakni mitos tali pocong membuat tubuh kebal dari senjata tajam. Konon kabarnya, salah satu cara agar tubuh kebal dari senjata tajam adalah menggunakan tali pocong. Beberapa supranatural mengatakan bahwa bukan tali poconglah membuat tubuhnya kebal. 
Melainkan adanya ilmu sihir yang digunakan yang muncul dari tali pocong tersebut. Orang yang memiliki kekebalan ini, tidak akan terluka meski tergesek atau tertusuk benda tajam. Bahkan merasa kesakitan pun tidak. Namun menurut beberapa orang, mengambil tali pocong ini bukanlah untuk kekebalan melainkan hanya sebagai syarat untuk ilmu hitam. 

Nah, sudah tahu kan apa saja mitos tali pocong belum dilepas yang santer beredar di masyarakat? Apakah anda mempercayainya atau justru merasa bahwa mitos tersebut tidak masuk akal? Terlepas dari percaya atau tidak, lebih baik jika kita hanya percaya pada Tuhan atas segala sesuatu di dunia.

Support by:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar