--> Skip to main content

Penguatan US Dollar Membuat EURUSD Cenderung Bearish

17 Feb 2021


Imbal hasil obligasi Amerika Serikat meningkat dan membuat pasar saham mulai terkoreksi yang membuat penguatan mata uang US Dollar.

Dampak yang signifikan dari penguatan mata uang US Dollar ini tentunya membuat mata uang tunggal Eropa melemah kedepannya. Imbal hasil obligasi 10 tahun secara umum merupakan indicator bagi kenaikan suku bunga pinjaman, dimana saat ini telah mencapai puncaknya di level 1,3% yang di tahun 2020 hanya berkisar 0,6%.

Tingginya imbal hasil tentunya sangat terkait erat dengan laju tingkat inflasi Amerika Serikat yang terus meningkat seiring dengan membaiknya data ekonomi negara tersebut. Data penjualan retail yang akan dirilis nanti malam akan menjadi konfirmasi membaiknya aktivitas bisnis dan belanja rumah tangga yang sebelum nya terlihat kurang baik.

Data ekonomi ini menjadi penting karena selama 3 bulan berturut turut data retail sales Amerika Serikat terus menurun, dan jika data yang dirilis nanti membaik, maka ini merupakan rebound bagi pengeluaran konsumen. Walaupun demikian indeks saham dilantai bursa masih akan terkoreksi turun dikarenakan lemahnya sector tenaga kerja Amerika Serikat, yang masih terkena dampak akibat dari meluasnya pandemic covid-19.

Efek Terhadap Pasar

Penguatan mata uang US Dollar karena naiknya imbal hasil obligasi serta adanya aksi ambil untung para pelaku pasar di pasar modal, membuat pair EURUSD akan cenderung melemah dalam beberapa waktu kedepan.

Ekspektasi Pasar

Diprediksi pair EURUSD bergerak dalam range 1.2063 – 1.2116

Trading Plan :

Sell Limit 1.2116 – 1.2137  dengan target 1.2029 – 1.2063

Stoploss 1.2182

Grafik EURUSD timeframe D1

Disclaimer

Fundamental bukanlah teknikal yang dapat berubah dalam hitungan jam bahkan menit, tetapi fundamental merupakan suatu gambaran besar atas pandangan kedepan yang dapat terjadi dalam rentang waktu yang lebih panjang.

 usd  eur

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar

Advertiser