--> Skip to main content

EURUSD Dapat Terkoreksi Naik

21 Januari 2021


Kemarin malam Presiden Joe Biden dilantik menjadi Presiden Amerika Serikat ke 46, menggantikan Presiden Donald Trump, tepat 14 hari setelah pendudukan Gedung Capitol oleh pendukung Trump.

Pelantikan berjalan tanpa adanya gangguan keamanan yang seperti ditakutkan oleh sebagian pelaku pasar, sehingga pasar modal kembali mencapai rekor tertinggi, yang membuat pair EURUSD dapat kembali terkoreksi naik. Banyak sekali pekerjaan rumah yang harus diselesaikan oleh Presiden Biden dalam 100 hari kedepan, setelah kekacauan kebijakan selama 4 tahun,dibuat oleh Trump.

Para pelaku pasar berharap bahwa Biden dapat melakukan pekerjaan terbaik untuk perbaikan ekonomi Amerika Serikat kedepannya dengan tugas pertamanya adalah penanganan pandemic covid-19, baik dari aspek penyediaan serta distribusi vaksin, hingga paket bantuan dalam bentuk kebijakan fiscal yang akomodatif.

Dekatnya Menteri Keuangan Amerika Serikat yang baru Janet Yellen dengan Ketua The Fed Jerome Powell akan membawa keuangan negara tersebut dalam limpahan likuiditas yang cukup tinggi kedepannya, sehingga suku bunga rendah, diharapkan masih akan terlihat ditahun ini.

Presiden Uni Eropa Ursula Von Der Leyen berharap dengan Joe Biden sebagai Presiden Amerika Serikat akan membawa perbaikan hubungan baik politik maupun perdagangan, yang selama 4 tahun terakhir hubungan Amerika – Uni Eropa berada pada titik yang sangat rendah. Harapan kembali Amerika Serikat dalam Perjanjian Iklim Paris, akan membuat hubungannya dengan negara sekutu kembali pulih dan perekonomi domestic dan global dapat kembali tumbuh.

Efek Terhadap Pasar

Pergantian Presiden Amerika Serikat, membuat para pelaku pasar melihat akan adanya likuiditas yang tinggi sehingga akan membuat koreksi kenaikan pada pair EURUSD dalam beberapa waktu kedepan.

Ekspektasi Pasar

Diprediksi pair EURUSD bergerak dalam range 1.2099 – 1.2161

Trading Plan :

Buy Limit 1.2072 – 1.2099 dengan target 1.2161 – 1.2188

Stoploss 1.2037

Grafik EURUSD timeframe D1



Disclaimer

Fundamental bukanlah teknikal yang dapat berubah dalam hitungan jam bahkan menit, tetapi fundamental merupakan suatu gambaran besar atas pandangan kedepan yang dapat terjadi dalam rentang waktu yang lebih panjang.

 usd  federal reserve  eur  analisis fundamental  trump

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar

Advertiser