--> Skip to main content

Kebijakan The Fed Membuat EURUSD Tertekan

28 Januari 2021


Rapat FOMC telah berakhir dan ketua The Fed Jerome Powell memutuskan kebijakan moeneternya dengan tidak merubah suku bunga acuan dan tidak merubah besaran program stimulus QE $120 milliar.

Keadaan ini tidak sesuai dengan harapan para pelaku pasar yang menginginkan adanya pertambahan jumlah QE, sehingga dapat menekan pair EURUSD kedepannya. Walaupun masih terlihat dovish dari kebijakan moneter The Fed tetapi para pelaku pasar bereaksi pada pelepasan saham dilantai bursa sehingga indeks saham Dow Jones jatuh sekitar 2%.

Ini tentunya menandakan adanya ketakutan di pasar bahwa The Fed tidak menambah program QE bahkan dapat melakukan penarikan likuiditas dipasar dan masuk kedalam tahap tapering. Walaupun demikian Powell mengatakan bahwa keadaan ekonomi Amerika Serikat masih jauh dari target yang ada, sehingga terlalu dini untuk berspekulasi bahwa taper sudah dekat. Durasi pandemic covid-19 merupakan salah indicator yang akan menentukan perbaikan ekonomi Amerika Serikat.

Para pelaku pasar hari ini akan melihat konfirmasi ekonomi Amerika Serikat lewat data GDP yang akan dirilis nanti malam, dimana dengan data yang lebih baik dibandingkan dengan data forecast yang ada akan membuat rally indeks US Dollar akan kembali terjadi.

Penguatan indeks US Dollar tentunya membawa mata uang tunggal dikawasan Eropa, akan kembali tertekan karena banyaknya penguncian yang terjadi di negara negara Eropa akan membuat pertumbuhan ekonomi domestic menjadi lebih lemah.

Efek Terhadap Pasar

Kebijakan moneter The Fed yang tidak sesuai dengan harapan para pelaku pasar membuat pasar saham Amerika Serikat tertekan dan membuat rally pada indeks US Dollar, sehingga membuat pair EURUSD akan tertekan dalam beberapa waktu kedepan.

Ekspektasi Pasar

Diprediksi pair EURUSD bergerak dalam range 1.2044 – 1.2133

Trading Plan :

Sell Limit 1.2133 – 1.2156 dengan target 1.2016 – 1.2044

Stoploss 1.2196

Jangka Pendek – Menengah = Turun , Jangka Menengah – Panjang = Naik

Grafik EURUSD timeframe D1


Disclaimer

Fundamental bukanlah teknikal yang dapat berubah dalam hitungan jam bahkan menit, tetapi fundamental merupakan suatu gambaran besar atas pandangan kedepan yang dapat terjadi dalam rentang waktu yang lebih panjang.

 usd  federal reserve  eur


Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar

Advertiser