--> Skip to main content

Kendalikan Hiperkalsemia dengan Gallium Nitrate

Gallium nitrate adalah obat yang digunakan untuk menurunkan kadar kalsium tinggi dalam darah pada penderita kanker. Kadar kalsium yang tinggi (hiperkalsemia) dapat terjadi akibat terganggunya proses pembuangan di ginjal yang disebabkan oleh adanya kanker. Seseorang yang mengalami kondisi ini akan merasakan gejala berupa:

  • Sakit kepala
  • Mual dan muntah
  • Berat badan menurun
  • Badan terasa lemas

Gallium nitrate berfungsi untuk menurunkan kadar kalsium tinggi dengan menghambat atau mencegah penghancuran tulang yang berakibat perpindahan kalsium dari tulang ke aliran darah. Penggunaan obat ini harus dengan anjuran dokter. Dosis yang tidak sesuai berpotensi menimbulkan efek samping obat berupa anemia, kram perut, hingga halusinasi.



Merk dagang: -

Tentang Gallium Nitrate

GolonganPenurun kalsium dalam darah
KategoriObat resep
ManfaatMenurunkan kadar kalsium tinggi (hiperkalsemia) dalam darah pada penderita kanker
Digunakan olehDewasa
Kategori kehamilan dan menyusuiKategori C: Studi pada binatang percobaan memperlihatkan adanya efek samping terhadap janin, namun belum ada studi terkontrol pada wanita hamil. Obat hanya boleh digunakan jika besarnya manfaat yang diharapkan melebihi besarnya risiko terhadap janin.Gallium nitrate belum diketahui terserap ke dalam ASI atau tidak. Jangan gunakan obat ini tanpa anjuran dokter.
Bentuk obatSuntik

Peringatan:

  • Hati-hati dalam menggunakan obat ini jika Anda memiliki riwayat penyakit jantung.
  • Hindari penggunaan obat pada pasien gangguan ginjal.
  • Lakukan pemeriksaan fungsi ginjal secara rutin, selama dan setelah menggunakan obat.
  • Penggunaan gallium nitrate dengan obat aminoglikosida atau amphotericin B, berisiko tinggi menimbulkan gangguan ginjal.
  • Beri tahu dokter jika Anda sedang menggunakan obat-obatan lain, termasuk suplemen dan produk herba.
  • Segera temui dokter apabila terjadi reaksi alergi atau overdosis.

Dosis Gallium Nitrate

Untuk menurunkan kadar kalsium tinggi pada penderita kanker, dosis umum gallium nitrate adalah 100-200 mg/m² luas permukaan tubuh per hari, selama 5 hari. Dosis yang tidak sesuai, dapat meningkatkan risiko munculnya efek samping obat.

Menggunakan Gallium Nitrate dengan Benar

Konsultasikan dengan dokter mengenai menfaat dan risiko dari penggunaan obat ini.

Gallium nitrate tersedia dalam bentuk suntik. Obat diberikan dengan disuntikkan ke pembuluh darah vena (intravena). Selama penggunaan obat, pasien harus terhindar dari dehidrasi. Dokter akan menganjurkan pasien untuk banyak minum air putih atau memberikan cairan melalui infus.

Interaksi Obat

Risiko gangguan ginjal dapat meningkat jika gallium nitrate digunakan bersamaan dengan amphotericin B, amikacin, dan gentamicin. Konsultasikan lebih lanjut dengan dokter terkait obat-obat yang berpotensi menimbulkan interaksi, jika digunakan secara bersamaan dengan gallium nitrate.

Efek Samping Gallium Nitrate

Efek samping yang mungkin timbul setelah menggunakan gallium nitrate adalah:

Seccareccia, D. (2010). Cancer-related Hypercalcemia. Canadian Family Physician, 56(3), pp. 244-246.
Sternlicht, H. Glezerman, IG. (2015). Hypercalcemia of Malignancy and new Treatment Options. Therapeutics and Clinical Risk Management, 11, pp. 1779-1788.
American Society of Clinical Oncology (2018). Side Effect. High Calcium Levels or Hypercalcemia.
Drugs.com (2018). Ganite.
Drugs.com (2014). Gallium Nitrate.
Medscape (2018). Gallium nitrate.

Ditinjau oleh : dr. Marianti
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar

Advertiser