--> Skip to main content

Konflik Amerika – China Mendorong AUDUSD Turun

19 Januari 2021


Konflik perdagangan Amerika – China kembali memanas diujung pemerintahan Presiden Donald Trump, sehingga dapat menekan pair AUDUSD menjadi lebih rendah.

Administrasi Trump diakhir masa jabatannya kembali menekan China lewat penghapusan perusahaan negara tersebut di lantai bursa Amerika Serikat dan menghentikan pemesanan Huawei terhadap Intel. Sikap keras Gedung Putih ini merupakan rangkaian dari konflik dagang kedua negara super power terhadap dominasi ekonomi, keuangan dan politik dalam dunia global.

Persaingan yang tidak adil, pencurian intelektual dan transfer teknologi paksa perusahaan asing di China merupakan issue yang dituduhkan Washington terhadap Beijing. Keadaan ini tentunya akan menambah besarnya resiko perlambatan ekonomi global kedepannya. China yang diakhir tahun 2020 merilis pertumbuhan cukup signifikan, dengan data GDP 6,5% membukukan bahwa negaranya telah terhindar dari resesi ekonomi akibat pandemic corona yang menyerang negara nya diakhir tahun 2019.

Walaupun demikian data retail sales negara Tiongkok terlihat menurun dari 5% menjadi 4,6%, yang menandai bahwa terjadi pelemahan terhadap angka konsumsi bulan Desember dibandingkan bulan sebelumnya. Jika ini berlanjut maka akan terlihat aktivitas bisnis yang cenderung melemah di China sehingga ini akan berdampak pada pertumbuhan ekonomi di negara Australia sebagai salah satu negara pemasok bahan baku dunia. Pelemahan ekonomi global akan mendapatkan tekanan disaat terjadi perlambatan ekonomi di China dan terganggunya persediaan vaksin corona.

Efek Terhadap Pasar

Konflik dagang Amerika – China serta terganggunya persediaan vaksin corona dapat menyebabkan perlambatan ekonomi global, dan akan membuat pelemahan pair AUDUSD dalam beberapa waktu kedepan.

Ekspektasi Pasar

Diprediksi pair AUDUSD bergerak dalam range 0.7643 – 0.7715

Trading Plan :

Sell Limit 0.7715 – 0.7752 dengan target 0.7599 – 0.7643

Stoploss 0.7796

Grafik AUDUSD timeframe D1


Disclaimer

Fundamental bukanlah teknikal yang dapat berubah dalam hitungan jam bahkan menit, tetapi fundamental merupakan suatu gambaran besar atas pandangan kedepan yang dapat terjadi dalam rentang waktu yang lebih panjang.

 usd  jpy — yen jepang

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar

Advertiser