--> Skip to main content

Pengayaan Uranium Di Iran Membuat XAUUSD Cenderung Bullish

13 Januari 2021


Para pelaku pasar sampai saat ini masih mencari tema tahun 2021, sehingga pasar uang masih terlihat sideways setidaknya sampai pelantikan Presiden Amerika Serikat ke 46 tanggal 20 Januari 2021.

Adanya kegaduhan di Washington , Pandemic corona, Meningkatnya beban hutang diberbagai negara di dunia serta Masalah Iran dapat menjadi fokus para pelaku pasar dalam beberapa waktu kedepan. Parlemen Iran memberikan mandat kepada Presiden Iran Hassan Rouhani untuk meningkatkan pengayaan Uranium mencapai level 20% disemua fasilitas nuklir di Iran.

Ini tentunya melanggar kesepakatan antara Iran – Uni Eropa dan PBB yang hanya mengizinkan pengayaan Uranium Iran hanya 3,67%. Iran melakukan pelanggaran kesepakatan setelah Amerika Serikat keluar dari Perjanjian Nuklir Iran dan melakukan sanksi ekonomi, politik dan keuangan terhadap Iran.

Untuk mendapatkan perhatian dunia, maka Pemerintah Iran menahan kapal tanker Korea Selatan di selat Hormuz, serta meminta negara tersebut untuk mencairkan uang tunai senilai $7 milliar. Selain itu Pemerintah Iran akan menghentikan pemeriksaan oleh PBB pada fasilitas nuklir nya, jika sanksi ekonomi atas negaranya tidak dicabut sampai bulan Febuari tahun ini.

Ketegangan serta pengayaan Uranium oleh Iran, tentunya akan membuat negara dikawasan teluk mulai terancam konflik, terutama bagi sekutu dari negara Amerika Serikat dan Uni Eropa, seperti Israel dan Arab Saudi. 

Efek Terhadap Pasar

Kisruh di Gedung Washington dan ketegangan di kawasan teluk akan berdampak pada penguatan XAUUSD dalam beberapa waktu kedepan.

Ekspektasi Pasar

Diprediksi pair XAUUSD bergerak dalam range 1840 - 1871

Trading Plan :

Buy Limit 1827 – 1840 dengan target 1871 - 1885

Stoploss 1812

Grafik XAUUSD timeframe D1

emas 13 jan.png

Disclaimer

Fundamental bukanlah teknikal yang dapat berubah dalam hitungan jam bahkan menit, tetapi fundamental merupakan suatu gambaran besar atas pandangan kedepan yang dapat terjadi dalam rentang waktu yang lebih panjang.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar

Advertiser