--> Skip to main content

Potensi Koreksi Naik Bagi Pair USDCAD

25 Januari 2021


Pergerakan grafik nilai tukar pasangan mata uang USDCAD memiliki potensi koreksi naik pada perdagangan di awal pekan ini

Peluang terjadinya koreksi naik bagi pair USDCAD disebabkan oleh kembali melemahnya harga minyak dunia yang terjadi sejak akhir pekan lalu, melonjaknya jumlah cadangan minyak mentah Amerika menjadi salah satu faktor turunnya harga minyak dunia. Pada rilis data crude oil inventories tercatat cadangan minyak mentah Amerika melonjak 4,4M dan jumlah ini melonjak tajam dari data sebelumnya yang berada pada level -3,2M.

Selain itu turunnya harga minyak dunia terjadi akibat turunnnya pesanan minyak dari China, kembali meningkatnya kasus covid 19 di negeri tirai bambu tersebut memaksa beberapa wilayah untuk dilakukan lockdown demi menghambat penyebaran virus covid 19. Kondisi tersebut tentu dapat mengganggu stabilitas ekonomi terutama pada sektor industi manufaktur yang merupakan sektor konsumsi bahan bakar minyak terbesar. 

Saat ini harga minyak dunia versi brent oil turun dari level tertinggi pekan lalu yang berada pada harga 57,4 kini berada pada level 55,3, dan untuk versi WTI turun dari level tertinggi 53,8 dan kini berada pada level 52,2. Dengan kembali melemahnya harga minyak dunia tentu dapat menekan nilai mata uang negara Kanada yang merupakan salah satu negara penghasil minyak mentah dunia, dan menjadikan pasangan mata uang USDCAD dapat terkoreksi naik pada awal pekan ini.

Analisa Teknikal

Pada timeframe daily pair USDCAD berpotensi bergerak koreksi naik, hal ini didukung oleh adanya pola candle Morning Star yang merupakan salah satu indikasi adanya pembalikan arah dari trend turun menjadi trend naik. Selain itu terdapat juga indikasi koreksi naik yang tergambar dari beberapa indikator berikut:

  • Indikator Fractals telah berada di bawah candle daily 
  • Indikator stokastik telah cross ke atas dan memberi sinyal bullish divergence
  • Histogram indikator MACD juga telah berada di atas garis signal line, dan juga memberi sinyal bullish divergence

Indikasi: Bullish

Timeframe: Daily

Strategi: Buy di level 1.27000

Validitas: 25 - 27 Januari

USDCAD berpotensi kembali menguat ke level resisten selanjutnya 

  • R1: 1.27500
  • R2: 1.27823
  • R3: 1.28194

Suport USDCAD berada pada level

  • S1: 1.26891
  • S2: 1.26606
  • S3: 1.26292

Stop Loss: 1.25800

Grafik USDCAD Timeframe Daily


Note: Harap berhati-hati dalam bertransaksi, harga dapat berubah sewaktu-waktu tergantung dari perubahan fundamental ekonomi dan kondisi geopilitik dunia, gunakan perhitungan money management dan risk management yang baik, overlot dan overtrade merupakan penyebab tingginya resiko dalam bertransaksi.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar

Advertiser