--> Skip to main content

EGP

EGP atau pound Mesir adalah mata uang resmi Republik Arab Mesir. Mata uang ini telah digunakan sejak tahun 1834 setelah penggantian piastre Mesir. Mata uang Mesir memiliki standar bimetal dengan tingkat bunga tetap (terdiri atas emas dan perak).

Setelah itu, ia dipatok dengan pound Inggris. Bank sentral Mesir mulai mengatur peredaran pound Mesir dan mengacu pada USD pada tahun 1962. Pasca-devaluasi EGP, bank sentral Mesir mulai mengelola tingkat bunga mengambang pada tahun 2001. Regulator mengendalikan nilai tukar pound Mesir hingga tahun 2016.

Pada tahun 2016, bank mendevaluasi mata uangnya sebagai bagian dari kesepakatan pinjaman IMF. Kesepakatan ini memuat mekanisme repatriasi, yang memungkinkan investor asing untuk menarik mata uang asing mereka. Program repatriasi berakhir pada tahun 2018. Program ini membuat EGP berfluktuasi secara bebas terhadap USD.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar

Advertiser