--> Skip to main content

Precious Metals / Logam Mulia

Emas, perak dan platinum, atau yang dikenal sebagai Logam Mulia, merupakan instrumen yang efisien untuk mendiversifikasi trading dan menurunkan risiko. Selain itu, ketiga logam ini, khususnya emas, merupakan aset yang aman di tengah ketidakpastian ekonomi. Sebagai aturannya, harga logam mulia bergerak naik jika terjadi resesi dan turun bila kondisi ekonomi membaik. Namun, karena realitasnya lebih rumit daripada itu, maka penting untuk tidak hanya mengandalkan berita dan rilis ekonomi, tetapi juga grafik harga dan analisis teknikal.

Mari mulai dengan emas atau XAU (akronimnya dalam trading). Berikut beberapa strategi kemenangan yang disiapkan untuk Anda.

Pertama, ada satu konsep sederhana: Anda harus tetap bertahan pada arah tren jangka panjang. Contohnya, pada grafik di bawah ini Anda bisa melihat bahwa meski ada beberapa koreksi ke sisi negatif, yakni penurunan, harganya masih mengikuti tren naik. Jika Anda melihat pola pembalikan bullish berada dekat dengan garis support, maka pertimbangkan untuk membuka transaksi beli.

Kedua, amati dengan jelas level-level kuncinya. Jika XAU/USD menerjang garis resistance, harga akan terus naik secara agresif. Ikuti saja pergerakannya! Jika bullish, Anda bisa menempatkan stop loss pada titik low terakhir dan take profit di high terakhir untuk melindungi diri Anda.


Terakhir, kelola risiko Anda dengan benar. Pertahankan ukuran lot Anda sesuai dengan pertimbangan yang relatif terhadap ukuran akun Anda. Ini akan membantu Anda dalam mempertahankan modal trading dan melanjutkan trading untuk jangka panjang. Keberhasilan investasi dalam logam mulia merupakan salah satu bidang yang harus dijadikan fokus utama trader.

Selanjutnya, kita bicarakan tentang perak. Perak tidak seberharga emas. Tapi, perak tidak hanya dianggap sebagai penyimpanan nilai, tetapi juga sebagai logam industri. Oleh karena itu, fluktuasi harga di pasar perak lebih volatil daripada emas. Namun, jika kita membandingkan grafik perak dan emas, kita akan melihat bahwa keduanya diperdagangkan kurang lebih sama.

Perbedaannya adalah perak dipengaruhi tidak hanya oleh permintaan investasi, tetapi juga oleh permintaan atau pasokan industri. Perak banyak digunakan dalam industri fotografi, elektronik, dan medis.

Logam paling langka di antara ketiga Logam Mulia ini adalah platinum. Seperti halnya perak, platinum adalah logam industri. Logam ini sering digunakan untuk industri otomotif dan perhiasan. Sisanya diambil alih oleh industri kimia dan komputer. Afrika dan Rusia adalah produsen utama platinum. Hal ini menimbulkan potensi yang lebih besar akan aksi tiruan kartel yang akan mendukung atau bahkan menaikkan harga platinum secara artifisial. Oleh karena itu, ini menjadi Logam Mulia yang paling volatil, dan Anda bisa memanfaatkan volatilitas logam mulia ini untuk menghasilkan profit.

Tim FBS menyajikan analisis pasar emas dan strategi trading setiap minggunya agar trader tidak melewati setiap peluang trading yang paling menjanjikan.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar

Advertiser