--> Skip to main content

Fenofibrate

Fenofibrate adalah obat untuk menurunkan kadar trigliserida, kolesterol jahat (LDL), dan meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL), di dalam darah. Fenofibrate juga terkadang digunakan untuk menurunkan risiko terjadinya pankreatitis pada seseorang yang memiliki kadar trigliserida tinggi.

Fenofibrate termasuk ke dalam golongan obat fibrat. Obat ini bekerja dengan cara meningkatkan pemecahan dan pembuangan trigliserida dan kolesterol jahat dari dalam tubuh. Untuk meningkatkan efektivitasnya dalam menurunkan kadar kolesterol, obat ini sebaiknya dikombinasikan dengan pengaturan pola makan yang rendah lemak dan olahraga.


Merek dagang fenofibrate: Evothyl, Fenofibrate, Fenoflex, Fenolip, Fenopi, Fenosup Lidose, Fibesco, Fibramed 300, Hicholfen, Hyperchol, Lipanthyl, Profibrat 200 M, Trolip, Yosenob 300

Apa Itu Fenofibrate

GolonganObat resep
KategoriObat penurun kolesterol golongan fibrat
ManfaatMengurangi kadar trigliserida dalam tubuh
Dikonsumsi olehDewasa
Fenofibrate untuk ibu hamil dan menyusuiKategori C: Studi pada binatang percobaan memperlihatkan adanya efek samping terhadap janin, tetapi belum ada studi terkontrol pada wanita hamil. Obat hanya boleh digunakan jika besarnya manfaat yang diharapkan melebihi besarnya risiko terhadap janin.

Belum diketahui apakah fenofibrate dapat terserap ke dalam ASI atau tidak. Bila sedang menyusui, jangan menggunakan obat ini tanpa berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

Bentuk obatTablet, kapsul, kaplet

Peringatan Sebelum Mengonsumsi Fenofibrate

Fenofibrate tidak boleh digunakan sembarangan. Sebelum mengonsumsi obat ini, Anda perlu memerhatikan beberapa hal berikut:

  • Jangan mengonsumsi fenofibrate jika Anda alergi terhadap obat ini atau obat golongan fibrat lain, seperti gemfibrozil.
  • Beri tahu dokter jika Anda pernah atau sedang menderita menderita batu empedu, penyakit hati, rhabdomyolysis, penyakit ginjal, diabetes, pankreatitis, hipotiroidisme, atau kecanduan alkohol.
  • Beri tahu dokter jika Anda sedang mengonsumsi obat, suplemen, atau produk herbal tertentu.
  • Beri tahu dokter jika Anda sedang hamil, menyusui, atau merencanakan kehamilan.
  • Segera temui dokter jika Anda mengalami reaksi alergi obat, efek samping yang serius, atau overdosis, setelah mengonsumsi fenofibrate.

Dosis dan Aturan Pakai Fenofibrate

Fenofibrate akan diberikan oleh dokter sesuai dengan kondisi pasien. Berikut adalah dosis umum fenofibrate yang digunakan untuk mengatasi kolesterol tinggi dan trigeliserida tinggi yang disesuaikan dengan bentuk sediaan obatnya:

  • Fenofibrate kapsul: 150 mg, sekali sehari
  • Fenofibrate tablet: 120–160 mg, sekali sehari

Cara Mengonsumsi Fenofibrate dengan Benar

Ikuti anjuran dokter dan baca informasi yang tertera pada kemasan fenofibrate sebelum mulai mengonsumsinya. Jangan menambah dan mengurangi dosis atau menghentikan penggunaan fenofibrate tanpa berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

Selama menjalani pengobatan dengan fenofibrate ikuti saran dokter terkait pola makan rendah lemak atau aktivitas olahraga. Hal ini diperlukan untuk meningkatkan efektivitas obat. Jangan lupa untuk tetap melakukan kontrol sesuai jadwal yang diberikan oleh dokter, sehingga kondisi dan respon terapi tetap terpantau.

Jangan membelah, mengunyah, atau menghancurkan obat. Telan seluruh kapsul atau tablet. Usahakan untuk mengonsumsi fenofibrate pada waktu yang sama setiap harinya, agar hasil pengobatan maksimal.

Bila lupa mengonsumsi fenofibrate, segera konsumsi begitu teringat jika jeda dengan jadwal konsumsi berikutnya belum terlalu dekat. Jika sudah dekat, abaikan dan jangan menggandakan dosis.

Jika Anda sedang mengonsumsi obat penurun kolesterol lain, seperti cholestyramine maka konsumsilah fenofibrate 1 jam sebelum atau 4–6 jam setelah mengonsumsi obat ini.

Simpan fenofibrate di tempat yang kering dan terhindar dari paparan sinar matahari secara langsung. Jauhkan dari jangkauan anak-anak.

Interaksi Fenofibrate dengan Obat Lain

Berikut ini adalah sejumlah interaksi yang dapat terjadi apabila mengonsumsi fenofibrate bersamaan dengan obat lain:

  • Penurunan penyerapan fenofibrate jika dikonsumsi dalam waktu bersamaan dengan cholestyramin
  • Peningkatan risiko terjadinya kerusakan ginjal jika dikonsumsi dengan ciclosporin
  • Peningkatan risiko terjadinya rhabdomyolysis atau miopati jika dikonsumsi dengan simvastatin, kolkisin, atau obat golongan fibrat lain
  • Peningkatan risiko terjadinya perdarahan jika dikonsumsi dengan antikoagulan, seperti warfarin
  • Peningkatan risiko terjadinya efek samping berupa kerusakan kandung empedu jika digunakan dengan ezetimibe

Efek Samping dan Bahaya Fenofibrate

Berikut ini adalah efek samping yang mungkin terjadi setelah mengonsumsi fenofibrate:

Konsultasikan dengan dokter jika efek samping di atas tidak segera mereda atau semakin memberat. Anda perlu segera ke dokter jika mengalami reaksi alergi obat atau efek samping yang lebih serius, seperti:

  • Demam
  • Nyeri otot atau lemah otot
  • Nyeri perut kanan atas yang semakin memberat
  • Sesak napas
  • Penyakit kuning
  • Urine berwarna gelap

Morieri, et al. (2020). PPARA Polymorphism Influences the Cardiovascular Benefit of Fenofibrate in Type 2 Diabetes: Findings From ACCORD-Lipid. Diabetes, 69(4), pp. 771-783.
Kim, et al. (2019). Use of Fenofibrate on Cardiovascular Outcomes in Statin Users with Metabolic Syndrome: Propensity Matched Cohort Study. BMJ, 366, pp. L5125.
Badan Pengawas Obat dan Makanan RI (2017). Cek Produk. Fenofibrate.
National Institute of Health (2019). U.S. National Library of Medicine. MedlinePlus. Fenofibrate.
Drugs (2020). Fenofibrate.
Healthline (2018). Fenofibrate, Oral tablet.
Mayo Clinic (2020). Drugs and Supplements. Fenofibrate (Oral Route).
Medscape (2020). Drugs & Diseases. Fenofibrate (Rx).
MIMS Indonesia (2020). Fenofibrate.
Web MD (2020). Drugs & Medications. Fenofibrate.

"" style="color: rgb(0, 0, 0); font-size: 16px;">

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar

Advertiser