--> Skip to main content

Nagotiable / Surat Berharga

Istilah "Surat Berharga" ini merujuk pada harga suatu barang atau sekuritas, yang bisa bersifat "dalam negosiasi", yakni belum sepenuhnya terselesaikan. Istilah tersebut dapat digunakan untuk harga suatu barang atau sekuritas yang mudah dipindahtangankan dari satu pihak ke pihak lain.

Dalam bidang keuangan, istilah Surat Berharga berarti dokumen legal yang dapat digunakan sebagai pengganti uang tunai. Subjek penggunaannya ialah untuk memenuhi pembayaran di masa yang akan datang. Surat Berharga berisikan perintah spesifik mengenai waktu pembayaran arus kas.

Surat Berharga memiliki karakteristik khusus. Pertama, surat berharga ini harus berupa dokumen tertulis yang ditandatangani oleh entitas yang menerbitkan surat. Kedua, Surat Berharga ini berisi perintah atau janji untuk membayar dengan sejumlah uang secara tertulis. Jika persyaratan ini terpenuhi, maka dokumen tersebut sah secara hukum. Surat Berharga ini juga berisi pengaturan jangka waktu (sesuai permintaan atau di masa yang akan datang). Namun, jika dokumen ini tidak disertai tanggal, maka tidak akan memengaruhi karakteristik utamanya, yakni dapat ditukarkan. Contoh paling umum adalah wesel. Surat Berharga ini memuat perintah untuk membayar sejumlah uang kepada entitas atau pihak tertentu.

Surat Berharga diperdagangkan di pasar sekunder setelah penjualan awal di pasar primer. Surat Berharga dapat dibagi atas surat berisiko tinggi (sekuritas) dan berisiko rendah (obligasi).

Di pasar saham, salah satu sekuritas terkenal yang dapat diperjualbelikan adalah ADR (American Depositary Receipt). Dalam bahasa sederhananya, saham ADR memungkinkan perusahaan non-AS melakukan transaksi perdagangan di bursa saham AS.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar

Advertiser