--> Skip to main content

Leverage

Leverage adalah rasio antara jumlah uang yang Anda depositkan dan jumlah uang yang bisa Anda transaksikan. Uang tambahan (Leverage) disediakan oleh broker Anda.

Leverage meningkatkan kapasitas trading Anda sehingga Anda bisa membuka posisi lebih besar dari yang Anda bisa lakukan jika hanya menggunakan dana pribadi. Rasio dinyatakan dalam format "X:1".

Mari kita lihat cara kerjanya pada contoh berikut. Anda menginvestasikan uang pribadi Anda sebesar $10.000. Ini adalah leverage 1: 1 (pada intinya, ini adalah posisi tanpa Leverage), karena Anda belum meminjam apa pun dari broker. Jika Anda memperoleh $100, maka pengembalian Anda adalah 1% ($100/$10.000*100). Di sisi lain, jika Anda kehilangan $100, maka pengembalian Anda adalah -1% berupa kerugian.

Sekarang kita misalkan Anda tidak memiliki $10.000, tapi ingin trading dengan jumlah tersebut. Trading Forex memungkinkan Anda untuk melakukannya dengan bantuan Leverage. Dalam hal ini, broker Anda akan memerlukan margin 1% yang setara dengan $100 di akun Anda. Ini adalah margin yang Anda gunakan. Leverage-nya adalah 100: 1 karena Anda memegang $10.000 dengan hanya modal $100. Sisa 99% disediakan oleh broker. Margin dibutuhkan sebagai jaminan broker jika pasar bergerak berlawanan dengan posisi Anda. Jika profit $100, pengembalian Anda adalah 100% ($100 /$100*100). Namun, jika Anda kehilangan $100, maka pengembaliannya adalah -100%. Seperti yang Anda lihat, dengan Leverage, segala perubahan harga pasangan mata uang sekecil apa pun dapat menghasilkan profit lebih besar atau kerugian yang lebih besar pula jika dibandingkan dengan posisi tanpa Leverage.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar

Advertiser