--> Skip to main content

Redakan Nyeri Otot Dengan Baclofen

Baclofen adalah obat untuk mengatasi ketegangan, kekakuan, nyeri, atau kram pada otot yang bisa disebabkan oleh cedera tulang belakang atau multiple sclerosis.

Baclofen membantu melemaskan otot dengan cara menghambat hantaran signal di sistem saraf pusat. Dengan begitu, keluhan bisa mereda. Perlu diketahui bahwa obat ini tidak dapat menyembuhkan penyakit yang mendasari terjadinya nyeri, tegang, atau kaku pada otot. Baclofen hanya boleh digunakan sesuai dengan resep dokter.


Merek dagang baclofen: Falcofen,

Apa Itu Baclofen

GolonganObat resep
KategoriRelaksan otot
ManfaatMeredakan nyeri, ketegangan, atau kekakuan pada otot
Dikonsumsi olehAnak-anak usia di atas 12 tahun, dewasa, dan lanjut usia
Baclofen untuk ibu hami dan MenyusuiKategori C: Studi pada binatang percobaan memperlihatkan adanya efek samping terhadap janin, tetapi belum ada studi terkontrol pada wanita hamil. Obat hanya boleh digunakan jika besarnya manfaat yang diharapkan melebihi besarnya risiko terhadap janin.

Baclofen dapat terserap ke dalam ASI. Bila Anda sedang menyusui, jangan menggunakan obat ini tanpa berkonsultasi dulu dengan dokter.

Bentuk obatTablet dan kaplet

Peringatan Sebelum Mengonsumsi Baclofen

Baclofen tidak boleh digunakan sembarangan. Sebelum mengonsumsi baclofen, Anda harus memperhatikan beberapa hal di bawah ini:

  • Jangan menggunakan baclofen jika Anda alergi terhadap obat ini. Selalu beri tahu dokter tentang riwayat alergi yang Anda miliki.
  • Beri tahu dokter jika Anda sedang menderita tukak atau ulkus lambung. Baclofen sebaiknya tidak dikonsumsi oleh seseorang yang menderita kondisi tersebut.
  • Beri tahu dokter jika Anda pernah atau sedang menderita gangguan pencernaan, penyakit hati, penyakit ginjal, penyakit pada sistem saraf, epilepsi, kejang, stroke, porfiria, hipertesi, penyakit Parkinson, diabetes, atau gangguan mental, seperti psikosis.
  • Jangan mengonsumsi minuman beralkohol selama menjalani pengobatan dengan baclofen karena dapat meningkatkan risiko terjadinya efek samping.
  • Jangan mengemudikan kendaraan atau melakukan kegiatan yang memerlukan kewaspadaan setelah mengonsumsi baclofen, karena obat ini dapat menyebabkan pusing dan kantuk.
  • Beri tahu dokter jika Anda sedang hamil, menyusui, atau sedang merencanakan kehamilan.
  • Beri tahu dokter jika Anda sedang menggunakan obat, suplemen, atau produk herbal tertentu.
  • Segera temui dokter jika terjadi reaksi alergi obat, efek samping serius, atau overdosis setelah mengonsumsi baclofen.

Dosis dan Aturan Pakai Baclofen

Berikut ini adalah dosis baclofen untuk melemaskan otot yang dibagi berdasarkan usia pasien:

  • Dewasa: dosis awal 15 mg per hari, dibagi menjadi beberapa kali konsumsi. Dosis dapat ditingkatkan secara bertahap sesuai dengan respons tubuh pasien.
  • Anak-anak usia di atas 12 tahun: dosis awal 5 mg, 3 kali sehari, setelah 3 hari pemberian dosis dapat di tingkatkan sampai tidak lebih dari 20 mg, 3 kali sehari, sesuai kondisi dan respons tubuh pasien.
  • Lansia: dosis untuk lansia akan ditentukan dokter berdasarkan kondisi pasien.

Cara Mengonsumsi Baclofen dengan Benar

Selalu ikuti instruksi dokter dan baca petunjuk yang terdapat pada kemasan obat sebelum mengonsumsi baclofen. Jangan menambah dosis, mengurangi dosis, atau menghentikan penggunaan baclofen tanpa berkonsultasi terlebih dulu dengan dokter.

Konsumsi baclofen setelah makan. Telan tablet atau kaplet baclofen utuh dengan bantuan air putih. Usahakan untuk mengonsumsi baclofen pada jam yang sama setiap harinya.

Jika Anda lupa mengonsumsi baclofen, abaikan dosis yang terlewat. Namun, pastikan untuk mengonsumsi obat ini pada waktu konsumsi berikutnya dan jangan menggandakan dosis baclofen untuk menggantikan dosis yang terlewat.

Tetap konsumsi baclofen meski Anda sudah merasa lebih baik. Berhenti menggunakan baclofen secara tiba-tiba dapat menyebabkan gejala putus obat.

Simpan baclofen pada suhu ruangan, di tempat yang kering, dan terhindar dari sinar matahari. Jauhkan obat ini dari jangkauan anak-anak.

Interaksi Baclofen dengan Obat Lain

Berikut ini adalah efek interaksi yang dapat terjadi jika baclofen digunakan bersamaan dengan obat lain:

  • Meningkatkan risiko terjadinya efek samping dari levodopa atau carbidopa
  • Meningkatkan risiko terjadinya efek kantuk dan gangguan pernapasan jika digunakan dengan tizanidine, opioid sintetis, depresan sistem saraf pusat (CNS), analgesik, antipsikotik, barbiturat, atau antiansietas
  • Meningkatkan risiko terjadinya hipotensi dan sesak napas jika digunakan dengan morfin
  • Meningkatkan efek obat antidepresan trisiklik sehingga dapat menyebabkan hypotonia
  • Meningkatkan risiko terjadinya gangguan jantung serta kejang jika digunakan dengan fentanyl atau propofol
  • Memperburuk gejala hiperkinetik jika digunakan dengan lithium
  • Meningkatkan risiko terjadinya hipotensi jika digunakan dengan obat antihipertensi
  • Meningkatkan efek toksik dari obat yang memengaruhi fungsi ginjal

Efek Samping dan Bahaya Baclofen

Ada beberapa efek samping yang bisa terjadi setelah mengonsumsi baclofen, yaitu:

Periksakan diri ke dokter jika efek samping tersebut tidak kunjung membaik atau semakin parah. Selain efek samping di atas, Anda perlu segera ke dokter jika mengalami reaksi alergi obat atau efek samping yang lebih serius, seperti:

Reynolds, et al. (2020). Trends in Gabapentin and Baclofen Exposures Reported to U.S. Poison Centers. Clinical Toxicology, 58(7), pp. 763-772.
PĂ©rez-Arredondo, et al. (2016). Baclofen in the Therapeutic of Sequele of Traumatic Brain Injury: Spasticity. Clinical Neuropharmacology, 39(6), pp. 311–319.
BPOM RI (2020). Cek Produk BPOM. Baclofen.
Durbin, K. Drugs (2020). Baclofen.
Mayo Clinic (2020). Drugs and Supplements. Baclofen (Oral Route).
Medscape. Drugs & Disease. Baclofen (Rx).
MIMS Indonesia. Baclofen.
Stewart, M. Patient (2019). Baclofen For Chronic Muscle Spasm.

"" style="color: rgb(0, 0, 0); font-size: 16px;">

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar

Advertiser