--> Skip to main content

Saham Gamestop Dan Perak Dapat Membuat XAUUSD Bullish

Saham Gamestop menjadi pembicaraan para pelaku pasar saat ini, karena harga saham perusahaan game ini naik lebih dari 1600% dalam bulan Januari 2021, sehingga dapat berimbas pada instrument safe haven emas.


Pedagang saham retail di platform Reddit pada forum WallstreetBets berhasil membalikan trend jual saham Gamestop dan AMC Entertaiment yang dimotori oleh hedge fund Wall Street seperti Melvin Capital, harus menelan kerugian 54% atau lebih dari $20 milliar.

Kegaduhan di pasar modal Amerika Serikat ini dapat berlanjut apabila pemerintah tidak bertindak dan meregulasi penyimpangan yang terjadi di lantai bursa. Mengingat kasus ini pernah terjadi ditahun 1998, dimana sangat merugikan lembaga keuangan dan akan menimbulkan efek domino yang sangat kuat.

Kasus Gamestop ternyata tidak berhenti sampai disini, dengan pola yang sama maka pedagang retail mulai melihat peluang di instrument lainnya seperti perak dan cryptocurrency. Harga perak kemarin terlihat naik cukup signifikan, sehingga sempat menyentuh $30 / troyounce, atau naik sekitar 8%.

Kenaikan harga perak ini tentunya merupakan indikasi bagi harga emas dunia yang mempunyai sifat yang hampir sama sebagai logam mulia, dimana perbedaannya hanya terletak pada penggunaan perak sebagai bahan produksi di industry lebih banyak dibandingkan dengan emas.

Keadaan ini membuat kebutuhan perak akan jauh lebih banyak dibandingkan dengan kebutuhan emas, tetapi dalam ketidakpastian, harga kedua komoditas metal ini akan terus naik.

Efek Terhadap Pasar


Adanya ketidakpastian di pasar modal Amerika Serikat karena adanya kasus saham Gamestop yang berdampak pada kenaikan harga perak, akan membuat safe haven menjadi pilihan, sehingga pair XAUUSD cenderung menguat dalam beberapa waktu kedepan.

Ekspektasi Pasar

Diprediksi pair XAUUSD bergerak dalam range 1854 - 1888

Trading Plan :

Buy Limit 1843 - 1854 dengan target 1888 - 1900

Stoploss 1829

Grafik XAUUSD timeframe D1


Disclaimer

Fundamental bukanlah teknikal yang dapat berubah dalam hitungan jam bahkan menit, tetapi fundamental merupakan suatu gambaran besar atas pandangan kedepan yang dapat terjadi dalam rentang waktu yang lebih panjang.

 usd  federal reserve  emas  analisis fundamental

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar

Advertiser