--> Skip to main content

Preferred Stock / Saham Preferen

Saham Preferen merupakan salah satu dari dua jenis saham utama. Secara umum, saham preferen memiliki prioritas yang lebih tinggi dalam hal distribusi aset perusahaan dibandingkan dengan yang lain – karena itu, saham ini lebih diminati.

Keunggulan yang paling menonjol dari saham ini memiliki dua skema utama.

Yang pertama adalah ketika perusahaan harus membagikan profit yang diperoleh selama periode tertentu di antara para pemilik. Dengan kata lain, membagikan dividen di antara para pemegang saham. Dalam hal ini, para pemegang Saham Preferen akan memiliki prioritas lebih tinggi dan imbal hasil yang lebih tinggi pula, serta dapat memilih berbagai opsi pembayaran.

Yang kedua adalah ketika perusahaan mengajukan pailit. Dalam hal ini, para pemilik perusahaan akan mengambil dana yang mereka investasikan di perusahaan – sebanding dengan bagian modal mereka masing-masing. Namun, karena perusahaan uang mengajukan pailit (tentunya) memiliki aset jauh lebih sedikit dari yang seharusnya, maka jumlah total yang akan dibagikan di antara para pemilik juga akan lebih sedikit dari yang seharusnya, khususnya setelah para pemegang obligasi terpenuhi klaimnya sebagai prioritas tertinggi. Jadi, beberapa pemegang saham mungkin tidak akan menerima kembali dananya. Dan beberapa pihak lain, yang bukan pemegang Saham Preferen, sekuritas ini memberikan tingkat jaminan tertentu melalui pemberian prioritas yang lebih tinggi atas klaim pemiliknya.

Sehingga, sifat Saham Preferen menjadi semacam perpaduan antara obligasi dan ekuitas karena menawarkan tingkat jaminan yang lebih tinggi pada potensi pengembalian dalam skema tertentu.

Bagaimanapun juga, ada satu kelemahan yang mengimbangi keunggulannya, yakni Saham Preferen biasanya tidak memiliki hak suara.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar

Advertiser