--> Skip to main content

Tuntaskan Jamur Dengan Naftifine

Naftifine adalah obat yang digunakan untuk mengobati penyakit yang disebabkan oleh infeksi jamur pada kulit, seperti tinea pedis, tinea corporis, atau tinea cruris. Obat ini hanya boleh digunakan dengan resep dokter.

Naftifine merupakan obat antijamur yang bekerja dengan cara merusak dinding sel jamur. Dengan begitu, pertumbuhan dan perkembangbiakan jamur penyebab infeksi akan berhenti dan jamur akan mati.


Merek dagang naftifine: Exoderil, Naftin

Apa Itu Naftifine

GolonganObat resep
Kategori Antijamur golongan allylamine
ManfaatMengobati infeksi jamur kulit
Dikonsumsi olehDewasa dan anak-anak usia 12 tahun ke atas
Naftifine untuk ibu hamil dan menyusuiKategori B: Studi pada binatang percobaan tidak memperlihatkan adanya risiko terhadap janin, tetapi belum ada studi terkontrol pada wanita hamil.

Naftifine belum diketahui terserap ke dalam ASI atau tidak. Bila Anda sedang menyusui, jangan menggunakan obat ini tanpa berkonsultasi dulu dengan dokter.

Bentuk obatKrim dan gel

Peringatan Sebelum Menggunakan Naftifine

Naftifine hanya boleh digunakan dengan resep dokter. Berikut ini adalah hal yang perlu Anda perhatikan sebelum menggunakan naftifine:

  • Jangan gunakan naftifine jika Anda alergi terhadap obat ini. Beri tahu dokter jika Anda alergi dengan obat antijamur lain, seperti terbinafine.
  • Beri tahu dokter jika Anda sedang hamil, menyusui, atau merencanakan kehamilan.
  • Beri tahu dokter jika Anda sedang menggunakan obat-obatan lain, termasuk suplemen atau produk herbal.
  • Segera ke dokter jika Anda mengalami reaksi alergi obat setelah menggunakan naftifine.

Dosis dan Aturan Pakai Naftifine

Berikut ini adalah dosis umum naftifine untuk mengatasi kurap (tinea corporis), infeksi jamur di selangkangan (tinea cruris), atau kutu air (tinea pedis):

  • Naftifine hydrochloride (Hcl) krim 1%: Oleskan 1 kali sehari di area yang terinfeksi, selama 2–6 minggu.
  • Naftifine gel 1%: Oleskan 2 kali sehari di pagi dan sore di area yang terinfeksi, selama 2–6 minggu.

Cara Menggunakan Naftifine dengan Benar

Pastikan untuk membaca petunjuk pada kemasan obat dan mengikuti anjuran dokter sebelum menggunakan naftifine. Jangan menambahkan atau mengurangi dosis tanpa berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

Naftifine krim dan gel hanya boleh digunakan di kulit. Bersihkan area yang terinfeksi kemudian keringkan, lalu oleskan naftifine tipis-tipis ke area yang terinfeksi. Jangan lupa untuk selalu mencuci tangan sebelum dan sesudah menggunakan obat ini.

Jangan menggunakan obat ini di mata, hidung, mulut, atau vagina. Jika area-area ini tidak sengaja terkena obat, segera bersihkan dan bilas dengan air mengalir. Gunakan naftifine secara teratur untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Simpan naftifine dalam suhu ruangan. Hindarkan dari paparan sinar matahari langsung dan jauhkan dari jangkauan anak-anak.

Interaksi Naftifine dengan Obat Lain

Belum diketahui efek interaksi yang bisa terjadi jika naftifine digunakan bersama dengan obat-obatan lain. Guna mencegah terjadinya efek interaksi obat, pastikan untuk memberi tahu dokter jika Anda sedang menggunakan obat tertentu.

Efek Samping dan Bahaya Naftifine

Beberapa efek samping yang dapat muncul setelah menggunakan naftifine adalah:

  • Gatal-gatal
  • Rasa terbakar pada kulit
  • Kulit kering
  • Iritasi kulit

Lakukan pemeriksaan ke dokter jika keluhan tersebut terus berlanjut. Segera ke dokter jika muncul reaksi alergi obat setelah menggunakan naftifine yang bisa ditandai dengan munculnya ruam kulit yang gatal, bengkak di bibir atau kelopak mata, dan sulit bernapas.

Sveikauskaite, I., & Briedis, V. (2020). Potential of Naftifine Application for Transungual Delivery. Molecules Journal, 25 (13), pp. 3043.
Sahni, K., Singh, S., & Dogra, S. (2018). Newer Topical Treatments in Skin and Nail Dermatophyte Infections. Indian Dermatology Online Journal, 9 (3), pp. 149-158.
Badan Pengawas Obat dan Makanan RI (2020). Cek Produk. Neftifine.
National Institute of Health (2017). U.S. National Library of Medicine MedlinePlus. Naftifine Topical.
Cleveland Clinic (2020). Drugs, Devices & Supplements. Naftifine Skin Cream or Gel.
Mayo Clinic (2020). Drugs and Supplements. Naftifine (Topical Route).
Drugs (2020). Naftifine Topical.
Everyday Health (2020). Naftin.
Emedicine Health (2019). Naftifine Topical (Naftin, Naftin Pump).
Medscape (2020). Naftifine (Rx).
MIMS Indonesia (2020). Naftifine.
WebMD (2018). Naftin Gel Topical Antifungals.
WebMD (2018). Naftifine HCL Cream.

"" style="color: rgb(0, 0, 0); font-size: 16px;">

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar

Advertiser