--> Skip to main content

Turunkan Diabetes Tipe 2 Dengan Dapagliflozin

Dapagliflozin adalah obat untuk menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes tipe 2. Obat ini tidak bisa menyembuhkan diabetes tipe 2. Agar pengobatan lebih efektif, penderita diabetes tipe 2 disarankan untuk menerapkan pola hidup sehat.

Dapagliflozin bekerja dengan cara mengurangi penyerapan gula oleh ginjal dan membuangnya melalui urine. Terkadang, obat ini juga digunakan untuk menurunkan risiko terjadinya gagal jantung pada pasien diabetes tipe 2 yang menderita gangguan jantung. Dapagliflozin hanya boleh digunakan berdasarkan resep dokter.


Merek dagang dapagliflozin: Forxiga, Xigduo XR

Apa Itu Dapagliflozin

GolonganAntidiabetes
KategoriObat resep
ManfaatMengobati diabetes tipe 2
Dikonsumsi olehDewasa
Dapagliflozin untuk ibu hamil dan menyusuiKategori D: Ada bukti positif mengenai risiko terhadap janin manusia, tetapi besarnya manfaat yang diperoleh mungkin lebih besar daripada risikonya, misalnya untuk mengatasi situasi yang mengancam jiwa.

Dapagliflozin belum diketahui terserap ke dalam ASI atau tidak. Bila Anda sedang menyusui, jangan menggunakan obat ini tanpa berkonsultasi dulu dengan dokter.

Bentuk obatTablet salut selaput

Peringatan Sebelum Mengonsumsi Dapagliflozin

Dapagliflozin tidak boleh dikonsumsi sembarangan. Berikut ini adalah hal yang perlu Anda perhatikan sebelum mengonsumsi dapagliflozin:

  • Jangan mengonsumsi dapagliflozin jika Anda alergi terhadap obat ini.
  • Beri tahu dokter jika Anda memiliki riwayat penyakit hati, penyakit jantung, hipotensi, penyakit ginjal, kecanduan alkohol, infeksi saluran kemih, penyakit pankreas, atau dehidrasi.
  • Beri tahu dokter jika Anda pernah, sedang, atau akan melakukan cuci darah, operasi pankreas, atau diet rendah garam.
  • Beri tahu dokter jika Anda sedang hamil, menyusui, atau sedang merencanakan kehamilan.
  • Beri tahu dokter jika Anda sedang mengonsumsi obat, suplemen, atau produk herbal tertentu.
  • Segera temui dokter jika Anda mengalami reaksi alergi obat atau overdosis setelah mengonsumsi dapagliflozin.

Dosis dan Aturan Pakai Dapagliflozin

Dosis umum dapagliflozin yang diberikan dokter untuk mengendalikan kadar gula darah pada penderita diabetes tipe 2 adalah 5 mg 1 kali sehari. Namun, dokter dapat menambah dosis menjadi 10 mg sesuai dengan kondisi pasien.

Dapagliflozin dapat diberikan dengan obat antidiabetes lain, seperti metformin. Selama menjalani pengobatan dengan dapagliflozin, pasien akan diminta melakukan pemeriksaan untuk memantau kadar gula darah dan melihat efektivitas terapi.

Cara Mengonsumsi Dapagliflozin dengan Benar

Ikuti anjuran dokter dan selalu baca instruksi yang tertera pada kemasan obat sebelum mengonsumsi dapagliflozin.

Dapagliflozin dapat dikonsumsi sebelum atau setelah makan. Telan dapagliflozin tablet secara utuh dengan bantuan air putih. Dianjurkan mengonsumsi dapagliflozin pada jam yang sama setiap harinya.

Jika Anda lupa mengonsumsi dapagliflozin, segera minum obat ini jika jeda dengan jadwal konsumsi berikutnya belum terlalu dekat. Jika sudah dekat, abaikan dan jangan menggandakan dosis.

Dapagliflozin tidak dapat menyembuhkan diabetes tipe 2. Penggunaan dapagliflozin harus diikuti dengan penerapan pola makan sehat dan olahraga yang teratur sesuai dengan kebutuhan pasien, agar hasil pengobatan maksimal.

Simpan dapagliflozin pada suhu ruangan, di tempat yang kering, dan terhindar dari sinar matahari langsung. Jauhkan dari jangkauan anak-anak.

Interaksi Dapagliflozin dengan Obat Lain

Penggunaan dapagliflozin bersamaan dengan gatifloxacin dapat memengaruhi kadar gula darah. Oleh karena itu, jangan gunakan kedua obat ini bersamaan. Untuk mencegah terjadinya efek interaksi lain, beri tahu dokter jika Anda sedang menggunakan insulin, obat antidiabetes lain, suplemen, atau produk herbal.

Efek Samping dan Bahaya Dapagliflozin

Ada beberapa efek samping yang dapat terjadi setelah mengonsumsi dapagliflozin, di antaranya:

Lakukan pemeriksaan ke dokter jika efek samping tersebut tidak kunjung membaik atau bertambah parah. Segera ke dokter jika Anda mengalami reaksi alergi obat yang ditandi dengan bengkak pada bibir atau kelopak mata, muncul ruam, atau kesulitan bernapas.

Selain itu, ada beberapa efek samping serius yang bisa terjadi akibat penggunaan dapagliflozin. Segera ke dokter jika Anda mengalami hipoglikemia atau efek samping serius berikut:

Wiviott, et al. (2019). Dapagliflozin and Cardiovascular Outcomes in Type 2 Diabetes The New England Journal of Medicine, 380, pp. 347-357.
Daniele, et al. (2016). Dapagliflozin Enhance Fat Oxidation and Ketone Production in Patients with Type 2 Diabetes Diabetes Care, 39(11), pp. 2036-2041.
Diabetes UK (2020). SGLT2 Inhibitors.
BPOM RI (2020). Cek Produk. Dapagliflozin.
Multum, C. Drugs (2020). Dapagliflozin.
Medscape. Dapafgliflozin (Rx).
WebMd. Dapagliflozin Tablet.

"" style="color: rgb(0, 0, 0); font-size: 16px;">

Ditinjau oleh : dr. Merry Dame Cristy Pane
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar

Advertiser