--> Skip to main content

Cara Membaca Indikator Market Facilitation Index

Market Facilitation Index (MFI) adalah indikator yang dibuat oleh Bill Williams dan merupakan salah satu indikator volatilitas.

Dengan menghitung pergerakan harga per unit volume, Market Facilitation Index (MFI) membantu para trader memutuskan kapan tren cukup kuat untuk trading dengan aman, kapan tren baru terbentuk atau kapan harus menghindari masuk ke market. Ini juga memungkinkan trader menentukan apakah market likuid atau tidak.

Jika aktivitas market turun, maka market player yang menggunakan Market Facilitation Index dapat melihat bahwa volume dan efisiensi pergerakan harga menurun.

Market Facilitation Index terdiri dari perhitungan sederhana dan dianggap oleh beberapa ahli mengukur market action yang lebih baik daripada Relative Strength Index dan Stochastic oscillator.

Rumus Market Facilitation Index

Cara Membaca Indikator Market Facilitation Index

MFI = (Tinggi – Rendah) / Volume

Dimana:

High = harga tertinggi dari bar saat ini

Low = harga terendah dari bar saat ini

Volume = volume bar saat ini

Hasil perhitungan divisualisasikan melalui histogram yang terdiri dari batang-batang dengan empat warna berbeda, seperti yang diilustrasikan pada gambar di bawah.

Nilai absolut indeks digambarkan oleh batang, sedangkan perbandingan antara indeks dan perubahan volume divisualisasikan melalui empat warna berbeda, yang merupakan kunci untuk membaca sinyal yang dihasilkan Market Facilitation Index.

Pada tangkapan layar di bawah ini anda dapat melihat Market Facilitation Index di MetaTrader 4 atau MT4 dengan empat bilah yang berbeda warna.

Penjelasannya:

Bar hijau menunjukkan bahwa MFI dan volume sedang meningkat. Ini menunjukkan bahwa market sudah bergerak dan trader harus memasuki posisi dalam arah yang sama dengan tren pasar, sementara trading yang berlawanan harus ditutup. Bar hijau terjadi ketika semakin banyak trader memasuki market dan sentimen mendukung pergerakan harga saat ini.

Bar coklat mencerminkan akhir dari tren, ketika MFI dan volume menurun karena market kehilangan minat pada pergerakan harga saat ini dan mencari tanda-tanda perkembangan di masa depan.

Williams menyarankan bahwa para market player harus mencermati tanda-tanda membangun momentum, yang dalam hal ini dapat ditandai lebih awal dengan pembentukan beberapa batang coklat berturut-turut.

Bar biru mewakili periode di mana MFI naik, sementara volume turun. Ini menunjukkan bahwa market sedang bergerak progresif, tetapi tidak didukung oleh volume. Karena kurangnya minat dari para trader, mereka tidak mendukung pergerakan harga saat ini dengan membuka posisi baru. Hal ini menunjukkan bahwa harga bergerak sebagai akibat dari market player yang mencoba mengontrol dan memanipulasi market untuk keuntungannya. Kondisi seperti ini seringkali berakhir dengan pembalikan harga.

Bar merah muda mencerminkan situasi ketika MFI  jatuh, tetapi volume meningkat. Selama periode ini, pertempuran terjadi antara kenaikan dan penurunan yang akan menentukan siapa yang akan memegang kendali selama tren berikutnya.

Semakin banyak trader memasuki market, volume meningkat, tetapi karena keduanya relatif sama, harga tidak berubah secara signifikan. Akhirnya, salah satu pihak yang bersaing akan mengalahkan yang lain.

Sumber: sukatrading.com

Baca juga:

1. Pengertian Market Facilitation Index

2. Market Facilitation Index (MFI)

3. Cara Menggunakan Indikator Market Facilitation Index

4. Cara Membaca Indikator Market Facilitation Index

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar

Advertiser