--> Skip to main content

Apa Itu Fibbonacci?

Alat-alat Fibonacci selalu digunakan oleh para trader Forex. Untuk menerapkannya pada grafik di MetaTrader, Anda cukup mengeklik tombol "Insert" pada menu dan kemudian pilih "Fibonacci". Anda bisa menemukan beberapa alat Fibonacci di terminal trading Anda: retracement, expansion, fan, arc, dan time zone. Semua alat ini didasarkan pada rasio Fibo.

Mari pelajari logika di balik instrumen Fibonacci.

Pada abad ke-13, seorang ahli matematika Leonardo Fibonacci meneliti serangkaian angka (0, 1, 1, 2, 3, 5, 8, 13, 21, 34, 55, 89, 144, dst). Setiap angka dalam urutan ini merupakan jumlah dari dua angka yang sebelumnya. Ternyata rasio angka-angka ini sesuai dengan ukuran alami dari hal-hal yang ada di alam. Misalnya, cabang pohon terbentuk atau terbelah sesuai dengan angka-angka Fibo, polong biji pada biji pinus disusun dalam pola spiral Fibonacci, dll.

Tidak terkecuali dengan pasar keuangan: pergerakan pasar yang beragam acap kali selaras dengan rasio Fibonacci.

Urutan Fibonacci memiliki beberapa rasio konstan. Rasio Fibo yang paling penting adalah:

- 161,8%, "golden ratio" (rasio antara angka yang satu dan yang sebelumnya, misalnya: 89/55 = 1,618).

- 61,8% (rasio antara angka yang satu dan yang berikutnya, misalnya: 55/89 = 0,618).

- 38,2% (rasio berasal dari lompatan 1 urutan dalam divisi, misalnya: 55/144 = 0,382).

Di antara sederet alat Fibonacci yang ada, kami telah menyebutkan alat yang paling berguna bagi para trader, yaitu level-level Fibo retracement dan Fibo expansion, tapi fan, arc dan time zone juga sangat membantu.

Rasio Fibonacci juga memainkan peran penting pada teori gelombang Elliott dan pola harmonic.


Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar

Advertiser