--> Skip to main content

Forex Untuk Pemula: Pola Candlestick

Candlestick memiliki beberapa pola. Saat trader mengenali pola-pola tersebut pada grafik, mereka bisa menyesuaikan tindakannya. Hasilnya, probabilitas dari suatu pergerakan harga akan mengikuti pola tertentu menjadi tinggi.

Trader menguji pola-pola candlestick melalui analisis grafik secara visual. Ada pula beberapa indikator identifikasi untuk MetaTrader. Anda bisa menemukan semua alat ini di internet dan menginstalnya di perangkat lunak trading Anda. Dan jika indikator atau expert advisor menunjukkan pola-pola tertentu pada grafik untuk Anda, Anda harus mengenali betul setiap polanya.

Ada dua jenis utama pola candlestick: pola pembalikan (reversal pattern) dan pola lanjutan (continuation pattern). Sesuai namanya, kedua pola in menunjukkan kemungkinan kelanjutan arah pasar relatif terhadap pergerakan harga sebelumnya.

Pola pembalikan menandakan bahwa tren kemungkinan besar akan berubah arah atau membuat koreksi yang dalam. Pola-pola ini membantu dalam mengidentifikasi kemungkinan titik entry pada awal tren baru atau pergerakan melawan tren (counter trend).

Tidak setiap pola pembalikan memiliki bobot yang serupa. Hal terpenting yang perlu diperhatikan adalah di mana pola tersebut terjadi dan apa yang terjadi sebelumnya. Sinyal pembalikan dikatakan kuat apabila memenuhi dua kondisi berikut:

● Tren sebelumnya tercatat kuat dan tajam.

● Jika pola pembalikan terjadi di dekat level resistance/support yang kuat.

Pada gambar di bawah ini, Anda bisa melihat contoh sinyal pembalikan yang kuat: pola candlestick pembalikan terbentuk setelah tren naik yang kuat.


Pola lanjutan mengindikasikan bahwa pasar akan mempertahankan tren yang ada seusai jeda. Pola-pola ini membantu dalam menemukan titik entry sejalan dengan tren, serta mengonfirmasi agar mempertahankan posisi yang sudah terbuka atau menambah yang baru.

Harap diperhatikan, pola pembalikan lebih mudah dikenali daripada pola lanjutan. Hasilnya, bagi trader pemula kami sarankan agar belajar dari pola pembalikan terlebih dahulu.Pola candlestick juga dapat terbagi ke dalam bullish dan bearish. Pada umumnya, mereka adalah cerminan gambar satu sama lain.Pada tutorial berikutnya, kami akan menjelaskan pola-pola candlestick pembalikan dan lanjutan yang paling dikenal secara luas.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar

Advertiser