--> Skip to main content

Investasi

Istilah "investasi" adalah aset yang dipegang oleh investor untuk memperoleh pengembalian (return) yang profitabel. Dalam terminologi keuangan, investasi adalah aset moneter yang dapat dibeli untuk memperoleh pendapatan di masa yang akan datang atau dijual kemudian dengan harga yang lebih tinggi. Dalam pengertian secara umum, proses investasi merupakan pengalokasian dana untuk meraup profit dan meningkatkan nilainya seiring waktu. Proses ini meliputi pembelian obligasi, saham, deposito bank dengan bunga tertentu, dan penanaman dana di pasar mata uang.

Lembaga-lembaga utama yang memberikan layanan investasi kepada perseorangan atau entitas adalah bank investasi dan broker. Bidang yang dikelola adalah trading dan manajemen aset. Bank investasi bertanggung jawab atas penjaminan utang dan sekuritas ekuitas untuk perusahaan, dengan berperan dalam penjualan sekuritas dan pengelolaan transaksi M&A. Adapun broker adalah perusahaan yang menghubungkan individu dengan pasar. Melalui broker, seorang investor bisa berinvestasi di pasar interbank (Forex).

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar

Advertiser