--> Skip to main content

Pattern

Istilah "Pattern" atau pola mewakili bagian penting dari analisis teknikal. Trader menggunakan pemahaman akan pola-pola yang dikenalinya untuk menempatkan order mereka. Semakin banyak trader yang mengenali pemunculan pola tertentu, tingkat kemungkinan harga akan mengikuti pola tersebut menjadi tinggi. Dalam analisis teknikal, Pattern dibedakan menjadi dua kelompok: chart pattern atau pola grafik dan candlestick pattern atau pola candlestick. Keduanya sama-sama menunjukkan ragam pergerakannya pada grafik, tapi dengan karakteristik yang berbeda. Chart Pattern membantu dalam menentukan arah tren dengan bantuan level support dan resistance, sedangkan candlestick Pattern digunakan untuk mengidentifikasi pergerakan harga selanjutnya yang dinilai berdasarkan bentuk dan kombinasi dari candlestick Jepang.

Dari kedua kelompok Pattern ini, masing-masing dapat dibagi lagi menjadi pola kelanjutan (continuation pattern) dan pola pembalikan (reversal pattern). Continuation pattern mengindikasikan bahwa harga akan melanjutkan pergerakannya pada tren yang ada. Sementara pola pembalikan menunjukkan bahwa tren kemungkinan besar akan berbalik. Beberapa pola grafik yang paling banyak dikenal adalah pola Head and Shoulder, Double Top/Bottom, Triangle, Flag, dan Wedge. Anda bisa mempelajarinya lebih lanjut tentang cara trading menggunakan pola-pola ini di Buku Panduan Forex. Adapun pola candlestick sedikit lebih sulit untuk dikenali, karena pola ini memiliki kombinasi yang beragam. Bagi para pemula, disarankan untuk mempelajari pola pembalikan terlebih dahulu karena pola ini mudah untuk dikenali.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar

Advertiser