--> Skip to main content

Pengenalan Analisis Elliott Wave atau Gelombang Elliott

Apa itu analisis Elliott Wave?

Anda mungkin pernah mendengar mengenai Elliott Wave atau melihat perhitungan wave. Itu mungkin karena sekarang analisis Elliott Wave menjadi salah satu pendekatan yang populer dari memprediksi pasar Forex. Mengapa? Karena prinsip Elliott Wave adalah satu-satunya alat berdasarkan pengalaman yang bisa menentukan pergerakan harga dari semua timeframe mulai dari grafik Bulanan sampai Tahunan, bahkan untuk interval satu menit setiap harinya. Contohnya Anda bisa trading pada grafik harian, namun pada saat yang sama Anda juga memiliki gambaran yang lebih besar. Sederhananya Elliott Wave adalah DNA dari pasar. Dalam artikel ini kami akan memandu Anda membahas prinsip Elliott Wave. Ayo kita mulai.

Siapakah penulis buku ini?

Kita bisa berterima kasih kepada Ralph Nelson Elliott (1871 - 1948) yang adalah seorang akuntan dan pakar ekonomi. Pada tahun 1938 dia mempublikasikan ‘The Wave Principle’ dan buku keduanya adalah ‘Nature’s Law - The Secret of the Universe’ diterbitkan pada tahun 1946. Elliott menjelaskan pola yang terbentuk secara berulang di pasar tergantung dari aturan yang sangat jelas.

Kita juga harus berterima kasih kepada Robert R.Prechter JR. dan A.J. Frost untuk bukunya ‘Elliott Wave Principle: Key to Market Behavior’ yang sekarang menjadi sumber dan panduan utama. Selanjutnya pada tahun 2006 ada sebuah buku bagus yang dipublikasikan yaitu - ‘Elliott Code’ dari D.V. Vozny. Sayangnya buku ini diterbitkan dalam bahasa Russia.

Awal mula perjalanan

Jadai artikel ini berdassarkan dua buku. Aturan atau panduan di dalam artikel ini sesuai dengan aturan dalam buku tersebut. Saya juga berjanji tidak akan memberitahu buku yang menjadi acuan dari artikel ini. Saya akan menjelaskan dan mengajari Anda prinsip Elliott Wave dan membagikan pengalaman saya, Kebanyakan contoh diambil dari pasar secara langsung. Namun kita juga akan membahas beberapa kasus yang tidak dibahas di dalam buku, namun Anda bisa menemukannya di dalam grafik.

Pasar LEGO

Ada dua hal penting dalam prinsip Elliott Wave, yaitu: impulse (pergerakan harga dari lima wave) dan koreksi (pergerakan harga dari tiga wave). Kita akan kembali membahas hal ini dalam artikel selanjutnya, sehingga Anda bisa melihat hanya ada satu blok LEGO utama yaitu impulse. Sekarang mari kita fokus pada dua hal tersebut.

Mari kita lihat grafiik di bawah. Anda bisa melihat penuruan di lima wave - itu merupakan impulse wave (ada beberapa kasus dimana kita akan menemukan koreksi lima wave, namun saya akan menjelaskan hal tersebut nanti). Ada juga tiga wave selanjutnya yang bisa kita pertimbangkan sebagai koreksi. Baiklah, sekarang kita sudah menemukan sebuah impulse dan koreksi, jadi sudah saatnya untuk melihat gambaran yang lebih besar.


Grafik selanjutnya hanya perhitungan wave, dimana ada postingan analisis saya. Penurunan nampaknya akan terjadi di wave ketiga dari impulse bearish semenatar pasar mungkin berbalik arah naik ke atas pada wave keempat.

Jadi kita bisa menyimpulkan bahwa: tidak ada wave yang bisa jauh dari wave lainnya. prinsip Elliott Wave seperti boneka Russia (Matryoska). Setiap wave adalah bagian dari wave lainnya, namun setiap wave terdiri dari beberapa wave kecil. Cerita ini dimulai dari timeframe yang besar ke timeframe yang kecil.

Dan ini membuat prinsip Elliott Wave berbeda dari tehnik lain dalam analisis pasar. Mayoritas dari pendekatan analisis tehnikal berfokus pada pola dan signal, yang biasa tidak terhubung satu sama lain. Kekuatan dari EWP adalah kemampuan untuk melihat gambaran yang lebih besar, bukan hanya pengaturan individual.

Berpikir mengenai peluang

Anda mungkin mendengar jika menggunakan EWP dalam trading, maka Anda akan mungkin mendapatkan lebih dari satu perhitungan wave. Umumnya Anda akan memiliki beberapa skenario yang beberapa diantaranya kontradiktif. Ini hal yang paling menarik mengenai EWP karena seperti bermain catur.

Jika beberapa indikator utama memberitahu Anda untuk buy atau sell, maka Anda tidak akan berpikir apa yang akan Anda lakukan ketika prediksi dari indikator tersebut salah. Dengan EWP maka Anda akan mencoba mencari tahu apa tindakan yang akan Anda ambil tergantung dari perhitungan jumlah wave. Itu adalah keterampilan utama dari trader yang sukses.

Contoh nyata

Mari kita membahas beberapa cerita nyata. Contoh pertama adalah indeks DJI. Pada bulan September 23016 indeks mencapai tingkat tertingginya dalam sejarah, dan saya memposting perhitungan bullish wave. Saya memprediksi pasar akan naik terus karena masih jauh dari berakhirnya wave kelima.


Beberapa bulan kemudian, pasar naik ke tingkat yang lebih tinggi namun tetap saja bullish. Ekspektasi ini berdasarkan pada beberapa hal di EWP yang akan kita pelajari selanjutnya. Sekarang Anda hanya melihat bagaimana cara kerjanya.

Jadi trend tetap bullish dan Anda bisa melihat perhitungan wave dibawah ini.

Cerita kedua adalah USD/TRY. Pada bulan Oktober 2016 wave keempat terlihat berakhir seperti segitiga, jadi saya mengharapkan impulse bullish berkembang dalam beberapa bulan kedepan.

Kemudian ada cerita panjang mengenai koreksi bearish yang akhirnya berakhir sehingga trend bullish berlanjut seperti prediksi.

Akhirnya, pada April 2018 ada saat bullish karena kemungkinan berakhirnya wave 4, sehingga pasar naik ke tingkat yang lebih tinggi.

Akhirnya

Ada beberapa contoh buruk juga. Namun, ketika berbicara mengenai trading maka hal yang terpenting adalah apa yang Anda lakukan ketika pasar bergerak mengikuti trend dan berdasarkan perhitungan wave. Apakah kita bisa menggunakan EWP sebagai alat yang baik untuk mencari peluang yang baik di pasar.

Sebagai tambahan tidak ada batasan bagi Anda untuk trading di berapapun wave yang Anda hitung atau lihat di website. Anda harus trading berdasarkan hitungan yang terbaik ketika Anda menemukan saat yang tepat untuk membuka order. Dengan kata lain Anda harus menunggu untuk saat yang tepat seperti pemburu yang bersembunyi di balik pepohonan, dan ketika Anda melihat kesempatan itu maka Anda harus melakukan trading yang terbaik untuk sukses.

Ini hanyalah awal, pada artikel berikutnya kita akan membahas aturan yang lebih rinci dan panduan dari EWP.

 

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar

Advertiser