Protected by Copyscape Jenis-jenis dan Pengertian Bisnis --> Skip to main content

Jenis-jenis dan Pengertian Bisnis



Bisnis berasal dari kata dalam bahasa Inggris ‘business’ yang memiliki arti ‘kesibukan’. Bisnis atau pengertian bisnis yaitu sebagai kegiatan yang dilakukan oleh individu atau kelompok yang di dalamnya terdapat proses produksi hingga pemasaran ke konsumen.

Tujuan pelaku bisnis melakukan kegiatannya yaitu untuk mendapatkan keuntungan. Dengan keuntungan atau laba ini pelaku bisnis akan mendapat uang untuk memenuhi kebutuhannya. Berikut ini pendapat beberapa ahli terkait bisnis.

Pengertian bisnis menurut para ahli beserta jenisnya!

Mc Naughton

Menurut Mc Naughton, bisnis adalah peristiwa pertukaran barang, uang, atau jasa di antara beberapa orang untuk memenuhi kebutuhan orang-orang yang terlibat di dalamnya.

L.R. Dickese

Menurut L.R. Dickese, bisnis merupakan upaya untuk mendapatkan keuntungan yang dilakukan oleh orang-orang yang memiliki kepentingan atau tujuan.

Hughes dan Kapoor

Menurut Hughes dan Kapoor, bisnis merupakan kegiatan yang menghasilkan barang dan jasa yang ditujukan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat atau konsumen. Kegiatan dalam bisnis juga harus terorganisir.

Jeff Madura

Menurut Jeff Madura, bisnis merupakan upaya perusahaan untuk menghadirkan produk atau jasa yang dibutuhkan konsumennya.

Brown dan Pratello

Menurut Brown dan Pratello, bisnis merupakan lembaga perusahaan yang berupaya menghasilkan barang dan jasa yang dibutuhkan masyarakat umum. Bisnis juga dapat dijalankan oleh pihak pemerintah atau swasta, baik yang mengejar keuntungan atau tidak.

Adapun untuk jenis bisnis memiliki empat jenis bisnis. Berikut ini jenis-jensi bisnis berdasarkan aktivitas bisnisnya:

Bisnis ekstratif

bisnis ekstratif adalah bisnis yang aktivitasnya bergerak di seputar pertambangan atau penggalian bahan-bahan tambang di dalam bumi. Barang tambang yang biasa digali yaitu emas, batu bara, minyak bumi, gas, intan, alumunium dan sebagainya.

Bisnis agraris

Bisnis agraris umumnya dijalankan masyarakat yang tinggal di negara tropis seperti Indonesia. Bisnis ini meliputi bisnis pertanian, peternakan, perkebunan, perikanan dan sebagainya.

Bisnis industri

Bisnis industri merupakan bisnis yang bergerak dengan perindustrian dan identik dengan mesin-mesin. Yang termasuk dalam bisnis industri yaitu industri rokok, garmen, pesawat terbang, dan sebagainya.

Bisnis jasa

Bisnis jasa merupakan bisnis yang bergerak dibidang pemberian layanan yang biasanya dalam bentuk non-fisik seperti jasa layanan kesehatan, perbankan, dan sebagainya. 

Setelah mengetahui pengertian bisnis dari para ahli lengkap dengan jenis bisnisnya, semoga dengan ini akan memudahkan Anda dalam memahami  bisnis itu apa. Jika di lihat dari pengertiannya di atas, bisnis bukan hanya menjual produk saja. Akan tetapi, membantu para konsumennya dalam memenuhi kebutuhannya.

Support by:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar