--> Skip to main content

Ketahui Kegunaan Parabolic SAR Berikut Ini







Parabolic SAR merupakan sebuah indikator yang digunakan ketika market dalam kondisi trending. Penciptanya tak lain adalah J Welles Wilder yang membuat buku berjudul “New Concept In Technical Trading Systems” yang sering menjadi acuan hingga saat ini.

SAR merupakan akronim dari Stop And Reverse yang artinya menjadi penanda tempat berhenti dan berbaliknya arah market. Indikator ini sangat berguna bagi orang-orang yang bergerak di bidang forex dan trading. 

Berikut daftar kegunaanya.

1. Melihat arah tren

Manfaat pertama yaitu untuk melihat arah tren. Karena, indikator yang satu ini bersifat trend following atau mengikuti tren. Titik SAR yang muncul di bagian bawah atau atas candle bisa mendeteksi bias pada market, misalnya saat pasar cenderung bias ke atas atau Uptrend.

Pada saat bias pasar cenderung di atas, maka titik SAR akan muncul di bagian bawah candle. Hal ini terjadi ketika harga telah mencapai titik tertinggi dalam periode tersebut. Sayangnya, indikator ini menjadi sulit dilihat kecenderungan trennya ketika kondisi pasar ranging.

2. Sebagai pedoman entry

Kegunaan yang kedua yaitu sebagai pedoman penentuan entry posisi.  Untuk melihat entry tersebut, diperlukan ketelitian karena penentuannya lebih rumit dari sekadar melihat titik di antara candle. Belum lagi jika kondisi pasar sedang ranging.

Akan tetapi, Wilder menjelaskan konsep sederhana dalam bukunya untuk penentuan entry ini, caranya dengan mengetahui tren besar sebelum melakukan entry. Tren besar bisa dilihat melalui titik SAR dalam time frame. Jika sudah mendapat tren besar, bukalah posisi entry mengikuti arah tren besar.

3. Sebagai pedoman penentuan posisi exit dan trailing stop.

Kegunaan yang ketiga yaitu sebagai pedoman penentuan posisi exit dan trailing stop. Indikator ini dapat digunakan sebagai acuan trailing stop saat ada kecenderungan harga bias ke satu sisi dalam jangka waktu yang tidak sebentar.

Peran indikator dalam hal ini yaitu sebagai pemantau arah tren. Sehingga, posisi exit dapat ditentukan ketika dalam kondisi pasar tertentu. Itulah kegunaan Parabolic SAR dalam dunia trading. Indikator ini juga bisa dikombinasikan dengan indikator lainnya.

Support by:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar