Protected by Copyscape Langkah Awal Bisnis Saham Syariah Untuk Pemula --> Skip to main content

Langkah Awal Bisnis Saham Syariah Untuk Pemula







Bisnis saham syariah merupakan bisnis saham dari suatu perusahaan yang tidak pernah melakukan praktek perjudian, riba, serta barang atau jasa yang haram. Ada beberapa langkah awal yang bisa Anda lakukan untuk memulai bisnis ini, yaitu sebagai berikut.

5 Langkah Awal Memulai Bisnis Investasi Saham Syariah 

✔️ Gunakan SOTS

SOTS atau Shariah Online Trading System merupakan tempat untuk melakukan jual beli saham yang menggunakan prinsip-prinsip syariah dan dilakukan melalui media online. Dalam proses transaksinya, para investor hanya boleh dilakukan secara tunai, tanpa adanya transaksi margin.

✔️ Gunakan DES

DES atau Daftar Efek Syariah merupakan cara mudah yang bisa Anda lakukan untuk menemukan saham syariah yang telah disusun oleh Otoritas Jasa Keuangan. Saham yang terdapat pada DES tidak akan memuat saham berbasis bunga, saham minuman beralkohol atau saham berbasis rokok.

✔️ Bisa Dimulai Menggunakan Modal Kecil 

Untuk memulai bisnis ini, Anda bisa melakukannya dengan mengeluarkan modal kecil mulai dari Rp.1 juta. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya kerugian besar. Namun, Anda harus siap bahwa keuntungan yang akan didapatkan sesuai dengan modal yang telah diberikan tersebut.

✔️ Lakukan Analisa Terlebih Dahulu Sebelum Berinvestasi

Jika sudah menemukan saham syariah yang akan digunakan, Anda harus melakukan analisa terlebih dahulu untuk mengurangi resiko kerugian. Analisa yang dilakukan diantaranya, melihat kinerja keuangan perusahaan, pergerakan grafik, serta trend yang sedanng berlangsung.

✔️ Lakukan Review Secara teratur

Review dilakukan untuk memastikan kembali apakah saham yang telah Anda ambil sudah sesuai atau tidak. Biasanya, review saham ini dilakukan selama 1 bulan, 3 bulan, 9 bulan, 12 bulan, dan seterusnya selama satu kali. 

Apabila menemukan pergerakan yang tidak signifikan, maka Anda bisa menjual saham tersebut untuk menghindari resiko kerugian.
Itulah beberapa langkah awal yang perlu diperhatikan investor pemula dalam memulai bisnis saham syariah. 

Pastikan Anda melakukan setiap langkahnya dengan benar, sehingga bisa menghasilkan keuntungan besar di masa depan nanti. 

Support by:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar