Protected by Copyscape Mengenal Reksa Dana Syariah --> Skip to main content

Mengenal Reksa Dana Syariah




Berkembangnya zaman juga mempengaruhi perkembangan produk – produk investasi. Kini banyak sekali produk investasi yang bisa digunakan sebagai tabungan di masa depan dan pastinya menguntungkan. Investasi bukan hanya berkutat pada sekitar produk perbankan seperti tabungan, deposito dan lainnya tetapi juga dalam bentuk investasi. Salah satunya adalah Reksa Dana Syariah.

Pengetian Reksa Dana Syariah

Pengertian dari Reksa Dana Syariah yaitu tempat untuk menghimpun dana yang dikelola oleh suatu badan hukum yang disebut Manajer Investasi, dimana dana tersebut kemudian diinvestasikan dalam bentuk surat berharga, seperti obligasi, saham, dan instrumen pasar uang sesuai dengan ketentuan dan prinsip syariah Islam. 

Berinvestasi dengan menggunakan Reksa Dana Syariah memang lebih menguntungkan, hal ini pun sudah di ungkapan oleh banyak orang. Lalu  apa saja keuntungan yang bisa didapatkan? berikut lebih jelasnya :

Reksa dana syariah sudah pasti dijamin kesyariahannya oleh DPS

DPS merupakan singkatan dari Dewan Pengawas Syariah yaitu dewan yang bertugas untuk mengawasi pemenuhan prinsip - prinsip syariah dalam pengelolaan reksa dana syariah.

Pengelolaan reksa dana syariah dikelola oleh unit khusus

Unit Khusus yang dimaksud adalah Daftar Efek Syariah yaitu daftar perusahaan yang diterbitkan oleh OJK yang berisi daftar perusahaan yang menjual saham dan surat obligasinya sesuai dengan prinsip syariah. Daftar ini diterbitkan 2 kali dalam setahun yang dijadikanpedoman oleh Manajer Investasi dalam pengelolaannya.

Rata – rata pertumbuhan market cap Reksa Dana Syariah lebih tinggi 

Market cap merupakan harga sebuah perusahaan yang didapatkan dari hitungan jumlah keseluruhan nilai saham yang sedang beredar. Sehingga, dengan begitu nilai saham yang beredar , tentu akan sangat mempengaruhi harga sebuah perusahaan.

Dalam berinvestasi Anda tetap harus memperhatikan keamanannya, cari tahu lebih banyak tentang apa yang ingin Anda capai, berapa lama investasi yang akan Anda lakukan dan yang paling penting siapkan modal terlebih dahulu. 

Pilihlah produk investasi yang benar – benar memberi Anda keuntungan seperti reksa dana syariah ini.Selain jelas lebih aman karena adanya unit khusus yang mengurusnya juga lebih memberi keuntungan bagi investo serta juga sudah dijamin oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan). 

Selamat berinvestasi.

Support by:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar