--> Skip to main content

Cara Menerapkan Fibonacci Retracement

Tujuan utama dari penggunaan level-level Fibo retracement ialah untuk menentukan besaran potensi koreksi terhadap tren utamanya.

Untuk menerapkan fibo retracement ke dalam grafik, cukup lakukan beberapa hal berikut:

1. Pilih alat 'Fibonacci retracement'.

2. Identifikasi perbedaan high dan low grafik harganya. Pastikan tidak ada high yang lebih tinggi atau low yang lebih rendah di sebelah kanan dari high dan low yang telah Anda pilih.

3. Tarik garis tren (disebut "base line" atau garis dasar) yang menghubungkan titik-titik ekstrem yang telah Anda pilih. Untuk tren naik, Anda perlu menarik garis ini dari titik minimum ke titik maksimum. Untuk tren turun, Anda harus menarik garis dari titik maksimum ke titik minimum. Garis harus selalu ditarik dari kiri ke kanan, dari titik terendah dari satu candlestick ke titik tertinggi yang lain dan begitu pula sebaliknya (yaitu penghitungan jumlah sumbu candlestick).

Kemudian 6 garis horizontal secara otomatis akan muncul dengan memotong garis tren di level Fibonacci 0,0%, 23,6%, 38,2%, 50%, 61,8%, 100% (rasio Fibonacci seperti yang dijelaskan di atas). Garis horizontal tambahan akan ditarik di 161,8%, 261,8%, dan 423,6%.

Harap dicatat, Anda bisa menambahkan level lain, misalnya, 78,6% di pengaturan alat ini.


Level Fibonacci yang dihasilkan bertindak sebagai support dan resistance: harga cenderung berkonsolidasi di dekat level-level ini sebelum koreksi berakhir (dan tren keseluruhan berlanjut) ataupun berlanjut (harga menembus salah satu level retracement dan bergerak menuju level retracement yang berikutnya, misalnya, sampai 50% setelah level 38,2%). Jika harga terkoreksi lebih dari 61,8% dari pergerakan sebelumnya (pada harga penutupan), kemungkinan besar ia akan mencapai awal tren. Level retracement 50% adalah level retracement yang paling banyak termonitor dan merupakan area umum untuk melakukan aksi beli selama retracement dari tren naik atau melakukan aksi jual bilamana itu adalah retracement dari tren turun.

Cara trading menggunakan Fibonacci retracement


Ada 2 cara untuk trading menggunakan alat Fibo retracement:

1. Agresif

Untuk trading di setiap level Fibo. Jika pasar mulai aktif terkoreksi, buka posisi melawan tren dengan menargetkan level Fibo berikutnya.

2. Konservatif

Tunggu sampai harga memantul balik dari level Fibo ke arah tren utamanya.

Harga tidak selalu berhenti tepat di level Fibo. Pada umumnya, Fibo mengarahkan pada area support/resistance. Sehingga, sebelum Anda membuka transaksi di titik C, tunggu sampai harga benar-benar mengonfirmasi kelanjutan tren utamanya.

Anda dapat menggunakan Fibonacci pada timeframe yang berbeda. Jika level-level Fibo pada timeframe yang berbeda bertemu, maka level-level ini menjadi lebih penting.

Fibonacci retracement dengan alat-alat lainnya


Anda harus memahami bahwa level-level Fibonacci didesain untuk memberi Anda referensi tentang titik entry/exit yang paling menguntungkan, tapi mereka tidak selamanya menjamin akan memberikan hasil yang positif. Untuk meningkatkan peluang keberhasilan Anda dalam trading, gunakan alat fibonacci retracement bersamaan dengan indikator teknikal lainnya untuk mencapai probabilitas keberhasilan yang lebih tinggi.

Pertama, pertimbangkan untuk menggunakan level-level Fibo dengan garis tren. Tarik garis tren dan kemudian plot fibo retracement. Pada titik perpotongan kedua alat ini, Anda bisa saja menemukan titik entry yang paling optimal.


Jika moving average berperiode 200 berhimpitan dengan fibonacci retracement 50%, level ini kemungkinan akan mampu menahan serangan awal di pasar. Ini dapat menjadi lokasi yang tepat untuk mengambil profit atau memasuki pasar sesuai arah tren utamanya.

Anda juga bisa menggabungkan alat fibo retracement dengan pola candlestick. Setiap pola reversal candlestick yang berada di samping level Fibonacci dapat diartikan bahwa pergerakan harga akan menargetkan arah yang baru.


Yang terakhir, fibonacci retracement tidak hanya menyajikan level koreksi kepada Anda, tetapi juga beberapa target. Jika harga terkoreksi 100% dari tren sebelumnya dan menembus level 100%, Anda bisa menggunakan Fibo 161,8% sebagai target berikutnya. Level yang disediakan oleh alat fibonacci retracement yang melampaui 100% disebut level Fibonacci “extension”.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar

Advertiser